oleh

8 Kecamatan Dipilih Pemenuhi Kebutuhan Pangan untuk Kukar dan IKN

Kukara, kaltimnow.id – Demi memenuhi kebutuhan pangan Ibu Kota Negara (IKN), Dinas Ketahanan Pangan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartangera (Kukar) terus berusaha tingkatkan sektor pertanian dibeberapa kecamatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Distanak, Muhammad Wahli mengatakan pihaknya, akan berupaya memaksimalkan pemanfaatan lahan sawah yang ada di Kukar.

“Misalnya satu tahun itu lahannya biasa sekali panen saja, nanti kita bisa tingkatkan menjadi dua hingga tiga kali panen dalam setahunnya,” katanya (11/12/2020) siang.

Wahli juga menambahkan, jika pihaknya saat ini sedang memperhatikan irigasi untuk lahan pertanian. Pasalnya selama ini, para petani hanya mengandalkan air hujan yang turun.

“Kami berupaya memperbaiki saluran-saluran irigasi. Dengan begitu tanaman padi tidak kekuarangan air. Artinya tanaman itu untuk kandungan airnya tidak berkurang,” tambahnya.

Ia juga mengungkapkan, ada sekitar delapan kecamatan di Kukar yang telah terpilih untuk menopang pangan IKN nantinya.

“Kecamatan Samboja, Loa Kulu, Kota Bangun, Sebulu, Tenggarong Seberang, Marang Kayu, Muara Kaman dan Tabang,” ungkapnya.

Walhi pun berharap kepada generasi muda turut serta mengambil andil di bidang pertanian, dimana semuanya dilakukan secara mesinisasi. Tidak menggunakan alat tradisional. Dengan begitu, Sumber Daya Manusia (SDM) di Kukar dapat diperdayakan dan mengurangi angka pengangguran.

“Lahan pertanian yang ada harus terus produktif dan jangan sampai lahan-lahan pertanian itu dialih fungsikan,” pungkasnya. (adv/yue/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *