oleh

Ada 10 Titik Uji Coba Parkir Elektronik Diberlakukan Pemkot Samarinda Mulai Hari Ini

Samarinda, Kaltimnow.id – Pemerintah Kota Samarinda menguji coba penerapan parkir elektronik, di dermaga Pasar Pagi Samarinda, pada Senin (03/05/2021).

Wali Kota Samarinda Andi Harun mengungkapkan uji coba parkir elektronik ditempatkan di 10 titik ruas jalan di Samarinda.

“Hari ini ada 10 unit alat e-Parking yang diberikan kepada juru parkir (jukir). Kedepan ada 247 titik luas parkir yang kita berlakukan e-parking, bahkan mungkin potensi bertambah,” kata Andi Harun usai meresmikan kick off pilot project e-parking.

Ia mengatakan penerapan parkir elektronik ini akan membantu pengelolaan kota terlihat lebih tertata. Selain itu, untuk transparansi serta meminimalisir kebocoran Pendapatan asli daerah (PAD) dari retibusi parkir.

“Selama ini masih sistem konvensional pake karcis dan belum terintegrasi dengan aplikasi teknologi informasi. Kalau modelnya konvensional, potensi untuk menciptakan keadaan parkir yang semrawut, tidak tertata rapi sehingga mulai hari ini mengimplementasikan pemberlakukan parkir elektronik dengan harapan menciptakan kenaikan PAD,” jelasnya.

Dalam penerapan e-parking ini, para juru parkir (jukir) akan diberikan bimbingan teknis (bimtek) secara bertahap oleh pemerintah kota Samarinda dalam menggunakan alat e-parking.

“Untuk yang turun hari ini sebagai pilot project kita masih dampingi selama berlangsung. Yang akan datang akan ada palatihan bimtek disediakan oleh Dishub dan Kominfo Samarinda, agar seluruh jukir kita memiliki pengetahuan dan mempraktekkan ke lapangan,” papar Andi Harun.

Ia mengatakan pihaknya menjalin kerja sama dengan bankaltimtara untuk alat transaksi pembayaran retribusi parkir elektronik.

“Ini parkir elektronik kerja sama dengan bankaltimtara,” ucap Andi Harun. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.