oleh

Agar Kompeten, 30 Pemandu Wisata Mengikuti Pelatihan Diving di Pulau Kaniungan yang Digelar Dispar Kaltim

Berau – Sebanyak 30 pemandu wisata yang ada di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau mengikuti pelatihan dasar snorkling dan diving, di Pulau Kaniungan, mulai dari tanggal 16-18 Oktober 2019. Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari itu dibimbing langsung oleh 2 instruktur dari Sentra Selam Jogja Yogyakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Timur dalam Bimbingan Teknik (Bimtek) dengan tema “Menuju Indonesia maju dengan SDM yang kompeten”.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni yang sekaligus membuka acara tersebut mengatakan, saat ini masih banyak pemandu wisata di Kecamatan Biduk-Biduk yang belum memiliki standart kompetensi snorkling dan diving, sehingga dilaksanakan pelatihan ini.

“Kita ingin menggarisbawahi bahwa sebagai pemandu wisata diving ada standard kompetensi yang harus dimiliki karena ini menyangkut keamanan, kenyamanan dan bagaimana wisatawan yang datang untuk didampingi mendapatkan kepuasan,” kata Sri Wahyuni.

Dia juga menyampaikan jangan sampai keinginan wisatawan yang datang tidak bisa terpenuhi karena pemandu tidak menyampaikan prosedur secara tepat.

“Saya berharap setelah pelatihan ini, kompetensi pemandu wisata lebih meningkat, terutama melayani para wisatawan yang datang ke Kecamatan Biduk-Biduk,” ujar Sri Wahyuni.

Selain diberikan teori, para pemandu wisata juga diajak praktek langsung snorkling dan scuba diving yang dipandu oleh instruktur Budi Agung Darmawan dan Teguh Prasojo. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.