oleh

Ajak Masyarakat Hidup Sehat, Kadiskes Kukar Terus Gencarkan Germas

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dalam rangka menuju masyarakat yang sehat dan produktif, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Martina Yulianti mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Germas sendiri dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui, dan kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

“Germas merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku yang kurang sehat di masyarakat,” katanya, Senin (01/11/2021).

Martina Yulianti menjelaskan, di negara Indonesia sendiri tengah dihadapkan Triple burden, yaitu pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan munculnya kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

“Oleh karena itu mari kita ikuti anjuran pemerintah gerakan masyarakat hidup sehat. Dengan 7 langkah, yakni melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak minum alkohol, cek kesehatan berkala, menjaga kebersihan lingkungan, dan menggunakan jamban,” pungkasnya. (adv diskominfo/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.