oleh

Anggotan DPRD Kaltim Martinus Upayakan Peningkatan Fasilitas Kesehatan di Mahakam Ulu

Samarinda, Kaltimnow.id – Anggota DPRD Kalimantan Timur daerah pemilihan (Dapil) Mahulu – Kubar, Martinus angkat bicara terkait kondisi fasilitas kesehatan (Faskes) di wilayah Kabupaten Mahakam Ulu yang masih sangat jauh tertinggal dari kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Timur.

Menurutnya, jarak rumah sakit rujukan di Mahulu berada di Kabupaten Kutai Barat sehingga membutuhkan waktu cukup lama jika ada pasien dalam keadaan gawat darurat.

Martinus pun berjani akan mengupayakan mengawal peningkatan pelayanan kesehatan di dapilnya itu.

“Nanti pasti akan ada peningkatan Faskes. Langkah awal, kita akan koordinasikan dengan DPRD Mahulu untuk mencari kendalanya,” ucapnya saat dihubungi media, Kamis (20/05/2021).

Lanjut Martinus, pihaknya akan minta kepada Pemkab setempat untuk membuat proposal pengajuan, mengawal dan mengadvokasi melalui komisi IV DPRD Kaltim yang membidangi kesehatan.

Dia mengatakan, sebagai anggota DPRD Kaltim yang berasal dari dapil Mahulu sudah menjadi kewajibannya untuk membantu mensejahterakan masyarakat.

“Sebagai wakil rakyat dapil sana, saya, ibu Veridiana dan bapak Ekti Imanuel pasti kami welcome siap membantu apabila mereka ada pengajuan,” terangnya.

Martinus menjelaskan, dalam waktu dekat di anggaran perubahan akan susah melakukan pengajuan, karena alokasi anggaran perubahan 2021 sudah masuk dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) yang berdasarkan hasil musrembang dari tingkat kelurahan, kecamatan, kabupaten hingga ke provinsi.

“Di anggaran murni 2022 pasti kami akan kawal. Selain itu, mungkin kami ajukan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun lewat pendanaan yang lainnya,” paparnya.

Penulis: Chintia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *