oleh

Antisipasi Banjir, Wakil Wali Kota Samarinda Terjun Langsung Kerja Bakti Benahi Drainase

Samarinda, Kaltimnow.id – Upaya untuk menanggulangi banjir terus dilakukan Pemerintah Kota Samarinda. Salah satunya membersihkan saluran drainase atau parit yang sering menghambat pembuangan air ketika hujan deras.

Wakil Walikota Samarinda Rusmadi turun langsung ke lapangan melakukan kerja bakti bersama warga untuk membersihkan saluran drainase, pada Sabtu (27/03/2021) pagi.

Lokasi yang sering menjadi langganan banjir menjadi prioritas Wakil Walikota Samarinda, yakni di simpang empat Sempaja, Jalan KH. Wahid Hasyim Samarinda,

“Dalam 100 hari program kerja ini kita memberikan prioritas di simpang empat Sempaja, kemudian Jalan D.I Panjaitan Samarinda, karena selama ini mengganggu aktivitas warga dan ekonomi,” kata Rusmadi.

Selain simpang Sempaja, aksi kerja bakti ini, kata Rusmadi akan terus berlanjut di sejumlah titik yang sering langganan banjir di Samarinda.

“Simpang Sempaja ini kita evaluasi kalau ada hujan 3 jam bisa dua hari tergenang. Paling tidak aksi kita ini, air semakin cepat mengalir. Ini kegiatan terus berlanjut karena di Samarinda banjir ini banyak titik,” paparnya.

Rusmadi menegaskan, permasalahan banjir tidak bisa hanya diselesaikan oleh pemerintah saja, namun juga keterlibatan masyarakat, Camat, Lurah dan RT juga menjadi peran penting untuk mengatasi banjir selama ini.

“Jadi siapun konsultan termasuk kita, kalau ga dibantu dengan warga tidak mungkin menyelesaikan persoalan. Kita harus turun ke lapangan. PUPR, RT, Camat dan Lurah ini berperan karena ada komunikasi dengan warga. Insya allah apa saja yang menghabat air kita angkat dan selesaikan,” katanya.

Lanjutnya, jika nantinya ada permasalahan yang menghambat saluran air agar segera untuk melaporkannya sehingga cepat ditangani.

“Saya minta Camat, Lurah dan RT memastikan untuk mengidentifikasi apa saja yang menghambat jalannya air, kemudian dilaporkan,” pungkas Rusmadi. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.