oleh

Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi, Dispar Kaltim Kembali Gelar Festival 3 Danau

Samarinda, Kaltimnow.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) terus berupaya untuk bisa membuat para wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung untuk menikmati wisata di benua etam.

Untuk itu, Dispar Kaltim kembali menggelar festival 3 danau yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara (Kukar) yang rencana diadakan di desa Semayang, pada tanggal 30 September – 2 Oktober 2022 mendatang.

Kasi Pengembangan Ruang Kreasi Dispar Kaltim, Awang Khalik menuturkan bahwa festival 3 danau yakni Danau Semayang, Danau Jempang, dan Danau Melintang diadakan sebagai visi misi dari Gubernur Kaltim untuk mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

“Tema festival 3 danau ini yakni sebagai inspirasi untuk karya seni dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan di sekitar masyarakat 3 danau itu,” kata Awang saat menggelar konfrensi pers di salah satu cafe yang berada di Jalan Danau Semayang Samarinda, pada Selasa (28/09/2022).

Tak hanya itu, Awang juga menjelaskan dipilihnya tema ‘Inspirasi Untuk Karya Seni’ lantaran ia menilai selama ini ketiga danau tersebut belum terexplore hingga keluar daerah.

“Dengan adanya festival ini, kita memperkenalkan 3 danau yang nantinya bisa di exsplore oleh wisatawan. Karena selama ini baru dokumentasi dan tari saja yang kita lakukan, belum ada karya yang terinsipirasi dari ketiga danau ini,” jelas Awang.

“Kita targetkan bahwa festival 3 danau otomatis perkembangan wisata disana meningkat dan perputaran ekonomi masyarakat bisa bertambah,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menyampaikan, keberadaan Ibu Kota Negara (IKN) bisa menjadi magnet untuk seluruh masyarakat Indonesia bisa datang ke Kaltim menikmati wisata di Kaltim.

“Tentu Kaltim siap dengan segala aspek dan bidang sehingga bisa menjadikan festival 3 danau menjadi salah unggulan dalam pengembangan ekonomi,” ucap Eki sapaan karibnya.

Untuk itu, tambahnya, pihaknya telah berkolaborasi juga dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim dalam pengembangan sektor pariwisata.

“Kolaborasi sudah kami lakukan bersama Disdikbud Kaltim. Jadi selain menikmati indahnya 3 danau ini, wisatawan juga akan disuguhkan oleh beberapa acara kebudayaan-kebudayaan di Kaltim,” pungkasnya. (adv/dry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *