oleh

Berbagai Persiapan Dilakukan Guna Sukseskan Festival Tiga Danau Secara Daring di Kukar

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Panitia penyelenggara Festival Tiga Danau dan sejumlah talent yang diwakili para mahasiswa Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman melakukan pengambilan gambar di berbagai tempat termasuk di Pulau Kumala Tenggarong, pada 28 Agustus 2021 lalu.

Hal ini sebagai upaya persiapan untuk mensukseskan Festival Tiga Danau yang baru pertama kali dilaksanakan secara daring di tengah pandemi Covid-19 melalui program Visit Kaltim Fest (VKF) Dinas Pariwisata Kaltim.

Kepala Bidang Pengembangan Karya Seni Budaya Dinas Pariwisata Kaltim Endang Effendi menyampaikan bahwa kegiatan Festival Tiga Danau ini seharusnya dilakukan secara langsung (Live) di lokasi kegiatan. Namun karenanya adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kalimantan Timur maka kegiatan penampilan para pengisi acara tersebut dilakukan secara direkam atau tapping.

“Rencananya penyelenggaraan kegiatan Festival Tiga Danau (Visit Kaltim Seri II) ini akan dilaksanakan secara daring selama tiga hari yakni 17-19 September 2021 mendatang,” katanya.

Lanjut Endang, dalam festival tersebut memberikan sajian tema berbeda di tiap harinya yakni pada tanggal 17 September 2021 dengan tema Eksotika Bahau di Tanjung Isuy dan Mancong, dan tanggal 18 September 2021 dengan tema Merawat Pesona 3 Danau, kemudian puncak kegiatan pada tanggal 19 September 2021.

Menariknya selama kegiatan akan dilaksanakan di “Houseboat” Queen Orca dengan menyusuri Sungai Mahakam, yang dimulai dari pelabuhan depan Museum Mulawarman hingga Kota Bangun.

Hal ini sebagai komitmen mendukung pemerintah dalam upaya pengendalian virus Covid-19, maka selama kegiatan akan diberlakukan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan sesuai peraturan yang berlaku di wilayah tersebut.

Beragam acara dan narasumber akan dihadirkan, tak terkecuali keterlibatan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) dan Wakil Komisi IX DPR RI yang didaulat sebagai narasumber dan dilepas secara langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur sebagai tanda dimulai acara.

“Saya berharap selama pesiapan dan penyelenggaraan Festival Tiga Danau nanti akan berjalan lancar untuk kesuksesan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalimantan Timur,” pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed