oleh

Calon Jemaah Haji di Samarinda Divaksin, Keberangkatan Tunggu Kepastian dari Arab Saudi

Samarinda, Kaltimnow.id – Ratusan jemaah calon haji menerima vaksinasi Covid-19 di Kantor Kementerian agama (Kemenag) Samarinda, Jalan Harmonika Samarinda, pada Jumat (26/03/2021) pagi.

Plt Kepala Kankemenag Kota Samarinda Mohlis mengatakan, vaksinasi tersebut di prioritaskan untuk calon haji tahun 2020 yang tertunda keberangkatannya karena ada pandemi Covid-19.

“Kita prioritaskan calon jemaah haji yang tertunda kemarin. Jadi kalau tahun ini daftar ya tahun depan berangkat,” katanya.

Terkait kouta jemaah haji 2021, Mohlis menerangkan masih belum bisa memastikan karena menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi. Namun terdapat 539 calon jemaah haji Samarinda yang sudah melunasi dari kouta 579.

“Itu kalau koutanya normal ya, tapi kalau di Arab Saudi ada pengurangan kouta ya kita sesuaikan nanti,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Samarinda Rusmadi yang meninjau pemberian vaksin Covid-19 calon jemaah haji mengatakan, meski Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum mengumumkan secara resmi perihal pelaksanaan Haji untuk tahun 2021, namun pemberian vaksin perlu dilakukan sebagai antisipasi bila nanti para calon jamaah haji bisa berangkat ke tanah suci.

“Sekarang tinggal menunggu kepastian dari Arab Saudi. Kemenkes juga melakukan monitoring persiapan jemaah untuk berhaji. Untuk fasilitas pelayanan vaksin disiapkan oleh Pemkot,” paparnnya. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.