oleh

Cegah Penyebaran Covid-19 di Tempat Ibadah, PMM UMM Melakukan Penyemprotan Disenfektan

Samarinda – Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang melakukan penyemprotan disenfektan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di tempat ibadah. Penyemprotan ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman bila warga ingin beribadah di masjid.

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dibantu oleh pihak Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Rukun Tetangga (RT), dan warga disekitar masjid Kelurahan Temindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang Samarinda. Penyemprotan disenfektan dimulai dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA), Masjid Ash Shobirin, Masjid Nurul Iman, Langgar Mujahidin dan penyemprotan ini dilanjutkan di rumah warga sekitar masjid.

Kelompok PMM ini bertekad untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di daerah Kecamatan Sungai Pinang, khususnya pada daerah yang mempunyai potensi tinggi dalam penyebaran virus Corona.

“Tujuan penyemprotan ini agar meminimalisirkan penyebaran COVID-19 khususnya di tempat ibadah, selain itu penyemprotan ini bertujuan untuk menciptakan rasa aman agar ibadah lebih khusyuk bagi masyarakat yang ingin beribadah,” kata Koordinator PMM Adi Fachriza.

Kelompok PMM yang dibantu oleh PSM serta RT setempat mendapatkan bantuan obat disinfektan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Samarinda dan alat penyemprotan dibantu oleh Pemadam Kebakaran (Damkar).

“Alhamdulillah, penyemprotan ini banyak dibantu oleh beberapa pihak dan masyarakat sehingga memudahkan proses penyemprotan dan penyemprotan ini sesuai dengan targetnya,” katanya.

Kelompok PMM ini juga menghimbau agar masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan lingkungan sekitar.

“Insyaallah, kami akan membagikan paket GANAL (siGAp New normAL) berupa alat-alat protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, dan kemasan (spray) disinfektan,” tambahnya.

Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini merupakan kegiatan pengganti KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang berada dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) UMM.

Kegiatan ini dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Gina Harventy, SE.,Ak., M.Si., CA. Program Kerja kelompok PMM berfokus pada peningkatan kesadaran masyarakat dalam menghadapi kondisi New Normal di Kelurahan Termindung Permai, Kecamatan Sungai Pinang Samarinda. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *