oleh

Delapan Capaskibraka Kaltim Jalani Pendidikan dan Pelatihan di Samarinda

Samarinda, Kaltimnow.id – Delapan remaja kabupaten dan kota di Kalimantan Timur (Kaltim) menjalani pendidikan dan pelatihan (Diklat) di Samarinda sebagai Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Capaskibraka) tingkat provinsi 2021.

Dihadiri langsung Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim, Agus Tianur mengatakan, ke delapan Capaskibraka dalam menjalani serangkaian persiapan dapat menjaga kondisi kesehatan dan semaksimal mungkin memberikan hasil yang terbaik.

“Apa yang mereka lakukan akan menjadi amal ibadah serta prestasu yang bermanfaat baik di diri sendiri, keluarga, sekolah dan mendapatkan pengalaman yang berharga di masa mendatang,” katanya saat dihubungi oleh Kaltimnow.id, Rabu (11/08/2021) pagi.

Kemudian, ia mengungkapkan diklat pada tahun ini sedikit berbeda dan harus dilakukan secara Protokol Kesehatan (Prokes) mengingat Kaltim masuk dalam wilayah yang menerapkan PPKM Level 4.

“Kita masih diselimuti oleh COVID-19, sehingga para penyelenggara maupun peserta dilakukan dengan penuh kehati-hatian, dengan menerapkan aturan prokes ketat, mengingat provinsi Kaltim termasuk pada wilayah yang menerapkan PPKM level 4 skala Nasional,” ungkap pria yang akrab dipanggil Agus.

Di tempat terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Pemuda Hardiana Muriyani selaku Ketua Pelaksana Diklat menuturkan, pelatihan akan berlangsung di Kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Di Stadion Sempaja untuk pelatihan fisik dan latihan keseragaman gerak baris berbaris. Kemudian pelatihan dasar formasi pengibaran dan penurunan dilaksanakan di Kantor Gubernur Kaltim. Terakhir pelatihan materi ruang berlangsung di hotel tempat peserta menginap,” tuturnya.

Adapun calon Paskibraka tingkat Provinsi Kalimantan Timur kali ini yaitu:
1. Jimmy Lawai Son dari SMAN 1 Long Iram – Kab Kutai Barat
2. Deasly Agnesia Marsinah T. dari SMAN 5 Balikpapan – Kota Balikpapan
3. Muhammad Azmi Hafid, dari SMAN 3 Samarinda – Kota Samarinda
4. Daffa Pramusento Arisandi, dari SMAN 4 Balikpapan – Kota Balikpapan
5. M. Fiqri Rizmal, dari SMAN 1 Bontang – Kota Bontang
6. Cahyo Purnomo, dari SMKN 2 Berau – Kab Berau
7. Siti Aisyah, dari SMAN 5 Penajam – Kab Penajam Paser Utara
8. Annisa Ramayani, dari SMAN 2 Tenggarong – Kab Kutai Kartanegara

Sementara itu, para Capaskibraka akan mendapatkan materi dari Kepancasilaan dari BPIP, Kepemimpinan Dasar dan Sejarah, makna dan arti lambang paskibraka oleh Purna Paskibaraka Indonesia Kaltim, psikologi kepribadian dari HIMPSI, Etika dan Moral Generasi Muda dari Korem 091/ASN serta Bela Negara/wawasan kebangsaan dari Polresta Samarinda. (ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.