oleh

Desa Bangun Rejo Jadi Desa Bersinar, Asisten I Setkab Kukar: Garda Depan Cegah Narkotika

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Desa Bangun Rejo, Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) resmi menjadi Desa Bersih Narkoba (Bersinar). Dimana peresmian tersebut dihadiri oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Adapun yang mewakili Pemkab Kukar pada acara tersebut yaitu Asisten I Setkab Kukar, Ahmad Taufik Hidayat. Ia mengatakan kepada media Kaltimnow.id, adanya program P4GN (Pencegahan dan pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba) dari BNNP Kaltim ini mewujudkan Indonesia bebas dari narkoba.

“Tentu semua ini melibatkan semua pihak dan komiteman dari pemerintah dan jajaran dalam memerangi narkoba, hingga ke tingkat terkecil sekalipun seperti Rukun Tetangga (RT),” katanya, Kamis (04/11/2021).

Lebih lanjut, Ahmad Taufik Hidayat mengungkapkan, peredaran narkotika tidak hanya berada di kota-kota besar saja, namun juga sudah sampai ke desa-desa. Ini menjadi suatu permasalahan yang genting, sehingga perlunya kesadaran kepada semua pihak.

“Semua aparatur negara, polisi, TNI, dan puskesmas desa untuk meningkatkan pendampingan kepada warga dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba. Dan ini menjadi program panjang, dimana dikelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasiskan pendayagunaan sumberdaya di desa,” ungkapnya.

Ia juga memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak BNNP Kaltim yang mendukung program tersebut, dan menunjuk Desa Bangun Rejo sebagai Desa Bersih Narkoba. Dimana Desa Bangun Rejo menjadi pilot project dalam pencegahan narkoba.

“Ini merupakan program dan bagian dari menguatkan semangat masyarakat sebagai garda depan dalam pencegahan dan peredaran narkotika. Marilah kita tingkatkan sinergitas dan komitmen kita dalam mendukung ini, serta selamatkan bangsa dari ancaman kejahatan narkotika,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala BNN Provinsi Kaltim Brigjen Pol Wisnu Andayana, Kasat Resnarkoba AKP M.P Rachmawan, Perwakilan Kejari Kukar, Camat Tenggarong Seberang Sugiarto, Kades Bangun Rejo Suprapto, Kader Desa Bersinar Desa Bangun Rejo, Ketua RT dan tokoh masyarakat. (adv diskominfo/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.