Desa Kerta Buana Siap Jalani Transformasi Menjadi Destinasi Wisata Unggulan di Kukar

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Desa Kerta Buana, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, bergerak menuju transformasi menjadi destinasi wisata menarik di Kutai Kartanegara (Kukar). Dengan mayoritas penduduknya berasal dari Pulau Bali, desa ini diharapkan menjadi tujuan wisata yang menarik serta memperkaya ragam budaya di daerah tersebut.

Kepala Desa (Kades) Kerta Buana, I Dewa Ketut Basuki, menegaskan komitmennya untuk mengadopsi konsep pengembangan wisata yang telah sukses diterapkan di beberapa desa di Bali.

“Saya ingin Kerta Buana mencontoh desa-desa di Bali terkait pengembangan wisatanya,” ujar Dewa, pada Kamis (04/04/2024).

Dewa terinspirasi oleh kesuksesan Desa Penglipura di Bali dan melihat potensi besar Desa Kerta Buana untuk menjadi daerah yang kaya akan wisata dan kebudayaan.

“Kembangkan pariwisata lokal maka, pengunjung lebih banyak mengenal Desa Kerta Buana,” tambahnya.

Dalam upaya mewujudkan impian tersebut, Dewa menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan pendekatan kepada masyarakat setempat. Dengan melibatkan seluruh warga, ide untuk menjadikan Desa Kerta Buana sebagai destinasi wisata bisa terwujud.

“Saya yakin dengan adanya kerjasama antara Pemdes dan seluruh warga, kita dapat mewujudkan impian itu,” katanya penuh semangat.

Sebagai langkah awal, pihak desa telah membangun beberapa fasilitas di lokasi yang telah ditentukan. Saat ini, proses pembangunan pondasi sepanjang 300 meter tengah dilakukan.

“Rencananya, wilayah ini akan dijadikan sebagai pusat kegiatan seni dan budaya. Kemudian ada gapura kecil juga sudah dibangun,” tandas Dewa. (adv/diskominfokukar/rob)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *