oleh

Dina Warga Samarinda yang Ingin Berdayakan Perempuan di Bidang Teknisi HP

Samarinda – Dinas Perindustrian (Disperin) Kota Samarinda mengadakan Bimbingan Teknik (Bimtek) bagi para pelaku teknisi elektronik di Kota Tepian. Bimtek tersebut bertujuan untuk mendukung dan meningkatkan performa para teknisi.

Adapun acara bimtek tersebut, diselenggarakan selama dua hari, dimulai dari tanggal 26 – 27 Agustus 2020 di Gedung Graha Ruhui Rahaya di Jalan Ir. H Juanda, Kelurahan Air Hitam, Samarinda Ulu.

Sebanyak 20 peserta mengikuti bimtek tersebut, dan mendapatkan alat bantuan dalam menunjang mereka melakukan memperbaiki sebuah handphone.

Dina Muliyasari (30), salah satu peserta yang baru terjun didunia elektronik mengatakan sangat bersemangat mengikuti bimtek tersebut.

“Karena saya memiliki counter HP, dan yang saya lihat rata-rata di Samarinda teknisi hpnya laki-laki,” katanya kepada awak media, Rabu (25/08/2020) pagi.

Dari 20 peserta, hanya Dina yang perempuan lainnya adalah laki-laki. Meski demikian ia menyampaikan bahwa ia pun bisa menggeluti dibidang tersebut.

“Jadi saya ingin perempuan-perempuan bisa multitalenta juga. Dan secara pribadi belum pernah saya lihat menjadi teknisi HP,” tuturnya.

Selanjutnya, walaupun dirinya merupakan lulusan dari IKP PGRI, ia mau belajar tentang dunia elektrik dan mendapatkannya secara otodidak dari internet.

“Saya lulusan dari keguruan, dan saya awalnya emang ada ketertarikan. Habis itu pelan-pelan saya belajar dan secara otodidak lihat di internet. Untuk sementara baru bisa perbaiki lcd HP,” ungkapnya.

Ia juga berharap dengan mengikuti bimtek tersebut, dapat menyebar luaskan ilmu yang telah didapat kepada para perempuan lainnya di Samarinda.

“Karena daripada diem di rumah cuman main HP, kan mending dia baikin HP. Kan lumanyan, apalagi memperbaiki HP itu untungnya lumanyan. Menurut saya ada kesempatan bagus untuk memajukan para perempuan di bidang ini,” pungkasnya. (tor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *