oleh

Dinas Pariwisata Kaltim Dorong Pelaku Usaha Pariwisata Miliki Sertifikasi CHSE

Samarinda, Kaltimnow.id – Dinas Pariwisata Kaltim membuka pendaftaran sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment) secara gratis bagi para pelaku usaha pariwisata, destinasi wisata, dan produk wisata yang berada di Kalimantan Timur.

Sertifikasi CHSE merupakan program dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sejak Tahun 2020. Protokol ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan Kementerian untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan terhadap pariwisata Indonesia. Terlebih, saat ini ada kecenderungan wisatawan akan mencari destinasi wisata yang aman dan bersih untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Kapala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni mengatakan jika program sertifikasi CHSE ini sangat tepat dilakukan guna sebagai jaminan kepada wisatawan untuk dapat berwisata aman di masa pandemi.

“Sebelum adanya pandemi sertifikasi CHSE sebenarnya harus dimiliki oleh setiap usaha pariwisata, tetapi karena berkenaan dengan masa pandemi ini menjadi sesuatu yang lebih penting lagi untuk dimiliki,” ungkapnya, pada Senin (30/08/2021).

Sertifikasi CHSE ini pun dapat di akses dengan mudah. Namun untuk mendapatkan sertifikasi tersebut pelaku wisata harus melalui berbagai penilaian dari Asesor yang akan di turunkan untuk melihat kelengkapan prosedur yang sesuai dengan protokol kesehatan.

“Jadi gak daftar langsung dapat sertifikat, tapi nanti setelah mendaftar akan ada tim yang menilai untuk menilai semua kelengkapan apakan sesuai dengan protokol atau tidak” jelasnya.

Sri wahyuni juga menambahkan jika sebenarnya jatah kuota yang diberikan untuk Kaltim tidak banyak, tetapi jika peserta yang mendaftar melebihi kuota yang diberikan, pihaknya berharap ada penambahan kuota dari pusat.

“Namun untuk jatah kuota sertifikasi CHSE ini untuk Kaltim sendiri tidak banyak, namun animonya kita mengisi sertifikasi ini kalau bisa banyak kuotanya bisa ditambah,” ungkapnya. (wma)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.