oleh

Dispar Kaltim Dapat 100 Ribu Dosis Vaksin, Sri Wahyuni: Ini Khusus untuk Pelaku Parekraf

Samarinda, Kaltimnow.id – Dalam upaya membangkitkan sektor pariwisata di tengah pandemi Covid-19, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur akan menyalurkan vaksin Covid-19 bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf), yang ditargetkan terealisasi pada bulan Oktober 2021 mendatang.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, pihaknya mendapatkan pendistribusian sekitar 100 ribu dosis vaksin dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

“Saat ini sudah ada beberapa pelaku usaha wisata yang mendapatkan bantuan vaksinasi. Kita sudah koordinasi juga kemarin dengan Dinkes Kaltim dan Dispar Kota Samarinda,” ungkapnya, saat ditemui di kantornya, pada Rabu (29/09/2021).

Sri Wahyuni menambahkan, Dispar Kota sudah mulai melakukan pendataan serta membuka registrasi terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mendapatkan stok vaksin.

“Data sementara kita sudah ada 29 ribu yang masuk. Tapi itu belum termasuk Sub di sektor ekraf karena belum terdaftar,” paparnya.

Sri Wahyuni menyampaikan bahwa kepada pelaku usaha wisata bisa untuk segera berkomunikasi langsung kepada Dinas Pariwisata di setiap Kabupaten atau Kota di Kaltim.

“Itu dilakukan supaya bisa di daftarkan sebagai peserta vaksin. Karena ini khusus untuk pekerja ekonomi kreatif dan pelaku usaha wisata,” jelasnya.

Vaksin Covid-19 itu sendiri ditargetkan akan segera terealisasikan paling lambat 1 Oktober 2021 mendatang. Namun, tanggal itu tidak bisa dipastikan bagi keseluruhan Kabupaten atau Kota, karena jadwalnya nanti akan berbeda-beda.

Oleh karena itu, Dispar Kaltim beserta jajaran terkait akan segera mungkin mempercepat pendistribusian vaksin untuk mengejar herd immunity di berbagai sektor parekraf.

“Makanya kita sudah sarankan setiap Kabupaten atau Kota untuk membuat pendaftaran secara online, karena itu 24 jam dan juga menghindari kerumunan,” pungkasnya. (mal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.