oleh

Dispora Kaltim Lakukan Trial and Error Pembukaan kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda

Samarinda, Kaltimnow.id –  Dinas Pemuda dan Olahraga, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) lakukan uji coba pembukaan kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, pada hari Kamis (7/1/2021). Uji coba tersebut sekiranya dapat membantu masyarakat Kota Samarinda dalam melakukan kegiatan olahraga.

Ditemui secara langsung, Kepala Dispora, Agus Tianur mengakatan, bagi para pengunjung untuk dapat mematuhi protokol kesehatan (Prokes) saat memasuki areal kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda.

“Dengan pembukaan ini banyak pihak yang diberikan kesempatan, untuk tetap menjaga kondisi tubuh fit dan imun. Kita pun memberlakukan aturan prokes dalam rangka mengatasi pandemi ini,” ujarnya, Kamis (7/1/2021).

Pria yang akrab dipanggil Agus ini menambahkan, jika sekarang telah banyak fasilitas umum yang semakin hari dijadikan warga sebagai lokasi untuk berolahraga. Hal ini memperlihatkan bahwa, warga sangat peduli dengan kesehatannya dan ingin sekali kembali berolahraga di tempat yang memang semestinya.

“Coba liat Taman Samarendah, itu kan taman, karana ada fasilitas untuk olahraga, sehingga banyak sekali warga yang menggunakan fasilitas itu,” jelasnya.

Dengan dibukanya kompleks Stadion Madya Sempaja Samarinda, Agus berkeinginan untuk menjadi contoh tempat berolahraga yang memang seusai dengan prokes. Serta ke depan jika ada kegiatan dapat dikontrol melalui petugas di tempatkan dibeberapa titik.

Ia juga mempredeksi, bahwa setelah pembukaan kompleks stadion tersebut, tidak akan mengantisipasi ledakan jumlah massa.

“Saya yakin massa tidak terlalu banyak. Contoh di hari Minggu, kenapa massa sangat melimpah karena ada wisata belanja, sebagian pengunjung bukan untuk berolahraga tapi untuk menikmati kuliner. Dengan ditutupnya wisata kuliner yang dilaksanakan Bank Kaltimtara, saya yakin kerumunan-kerumunan yang seperti kita banyangkan tidak akan terjadi,” ungkapnya.

Pemerintah mau pun UPTD Pengelola Prasarana Olahraga (PPO), sebelumnya telah mempersiapkan rencana ini dengan sangat amat detail, mulai dari pengunjung yang datang, diarahkan masuk ke kompleks stadion melalui pintu utama. Kemudian untuk lintasan luar Stadion Madya Sempaja hanya digunakan untuk jogging maupun jalan santai.

“itu semua sudah kita atur ya mulai dari tahapan masuknya, tapi khusus venue itu hanya digunakan oleh atlet dalam rangka untuk persiapan PON. Selian itu tidak diperkenankan, hal itu berdasarkan rekomendasi dari KONI Kaltim. Dan mereka wajib menggukan tanda pengenal khusus,” jelasnya.

Dirinya mengingatkan kepada warga yang ingin kembali mengunakan fasilitas kompleks Stadion Madya Sempaja, bahwa saat ini masih tahap uji coba, apabila sudah dianggap sesuai dengan prokes maka akan terus dibuka. Dan sebaliknya, jika ditemukan ada yang tidak taat dalam bentuk teguran hingga teguran keras dan dinilai sudah di luar batas kewajaran, maka Dispora Kaltim akan kembali menutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Semuanya harus mengikuti prokes agar pembukaan dapat terus dilakukan. Kita juga sudah menyiapkan pemeberlakukan jam, pagi dimulai pukul 06.00 – 09.00 WITA, dan sore pukul 15.30 – 17.30 WITA. Dan ada petugas yang patroli untuk terus memantau pengunjung,” paparnya.

Selalin menempatkan petugas di beberapa titik. Pihaknya juga memasang spanduk imbauan kepada para pengunjung untuk selalu taat menjalani prokes.

“Mudah-mudahan dengan dibukanya ini, pengunjung dapat memanfaatkan untuk kesehatan dan kebugaran dalam menjaga imun tubuh dari penularan virus corona,” pungkasnya. (yue/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *