oleh

Ditargetkan 100 Pemuda Kaltim Jadi Peserta Pra KTT Y20 di Balikpapan

Samarinda, Kaltimnow.id – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih menjadi tuan rumah Pra-Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-3 Youth 20 (Y20), yang merupakan wadah konsultasi resmi dialog pemuda dari negara-negara anggota Presidensi G20 Indonesia.

Kegiatan tersebut akan berlangsung di Kota Balikpapan selama dua hari, 21-22 Mei 2022 mendatang, dengan mengusung tema Sustainable and Livable Planet atau Lingkungan Berkelanjutan dan Layak Huni.

Menjelang pelaksanaan kegiatan tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk perekrutan peserta.

Panitia pelaksana bersama pemerintah provinsi (Pemprov) Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan Pres Conference di Kantor Dispora Kaltim, Jalan Wahid Hasyim, Kota Samarinda, pada Sabtu (14/05/2022).

Dalam Pres Conference tersebut, dijelaskan tujuan dan sasaran dari kegiatan yang nantinya dilaksanakan di Kota Balikpapan itu. Yang mana, Y20 berfokus pada isu-isu yang penting bagi masa depan dari sudut pandang pemuda.

Sebagai keluaran dari forum Y20, rekomendasi kebijakan yang dirumuskan para delegasi pemuda negara G20 akan dibahas dalam forum resmi kepala negara G20 nantinya.

Adapun, isu planet yang berkelanjutan dan layak huni menjadi tema besar pelaksanaan rangkaian acara Pra-KTT Y20 di Kalimantan Timur.

Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur mengaku siap mendukung dan menyambut baik pelaksanaan Pra-KTT Y20 Indonesia 2022 tersebut.

Apalagi, kata dia, dalam kegiatan tersebut membahas isu strategis yang memang punya keterkaitan dengan wilayah Kaltim yang memiliki hutan tropis terbesar di Indonesia.

Agus menyebutkan dalam kegiatan itu, nantinya diikuti secara hybrid oleh peserta dari 78 negara di dunia. Karena itu, pihaknya menilai kegiatan tersebut merupakan momentum yang sangat baik bagi para pemuda untuk berkomunikasi langsung dengan para pemuda dari seluruh negara di dunia.

“Kita bersyukur panitia dalam hal ini Indonesian Youth Diplomacy (IYD) merupakan organisasi kepemudaan yang telah ditunjuk sebagai Engagement Group menargetkan 100 pemuda lokal di Kalimantan untuk turut menjadi peserta dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini ada sekitar 70 pemuda yang telah mendaftarkan diri secara daring serta mengikuti seleksi administrasi dan dinyatakan lulus tes wawancara serta pembuatan makalah masalah lingkungan.

“Tinggal 30 peserta lagi akan diseleksi melalui kampus ke kampus atau Goes to Campus se-Kalimantan. Karena kami targetkan sebelum pelaksanaan sudah terpenuhi 100 pemuda yang menjadi peserta Pra-KTT Y20 Summit ini,” ujarnya.

Kepala Program, Logistik, dan Relasi Delegasi Y20 Indonesia 2022, Mujab menyebutkan pemilihan Kaltim sebagai tuan rumah bukan tanpa alasan. Sebab pada 2021 lalu, Kota Balikpapan menerima penghargaan sebagai kota berkelanjutan di bidang lingkungan tingkat Asia Tenggara.

Selain itu, dalam perencanaan pembangunan Ibu kota Negara (IKN), kota Balikpapan akan menjadi kota penyangga IKN.

Sejalan dengan agenda G20, masalah lingkungan dan planet bumi akan selalu relevan dengan anak muda. Hal ini karena anak muda yang akan terus melanjutkan kehidupan di planet (bumi) untuk jangka waktu yang lebih lama dan panjang.

“Pada isu prioritas Y20 Indonesia, kita melanjutkan legacy issue atau isu warisan ini untuk semakin memikirkan aksi nyata dalam penyelesaian masalah bumi, dengan mengangkat 2 sub prioritas yaitu penjagaan sumber daya alam serta konsumsi dan produksi Berkelanjutan melalui ekonomi sirkular,” ujar Mujab.

Co-Chair Indonesian Youth Diplomacy Kalimantan Timur, Aie Natasha menambahkan kegiatan Pra-KTT Y20 ini tentunya menjadi kesempatan yang baik bagi anak muda se-Kalimantan dalam menyampaikan aspirasinya tentang isu planet yang berkelanjutan dan layak huni.

“Kegiatan Town Hall Meeting, ada 100 orang pemuda-pemudi dari Kalimantan akan mencatat dan menyampaikan ide serta aspirasi terkait dengan isu-isu planet yang berkelanjutan dan layak huni. Aspirasi ini akan dibawa oleh delegasi resmi Indonesia dalam forum resmi Y20,” terangnya.

Sebagai informasi, kegiatan Y20 Indonesia 2022 melaksanakan acara Pra-KTT pada empat Kota di Indonesia yakni Kota Palembang digelar Maret, Kota Lombok digelar April, Balikpapan digelar Mei dan di Manokwari yang digelar Juni mendatang.

Puncak pelaksanaan kegiatan ini adalah KTT Y20 2022 yang nantinya akan dilaksanakan pada Juli di Kota Jakarta dan Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Diketahui, Pelaksanaan Pra-KTT Y20 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, akan dihadiri langsung oleh delegasi dan pengamat dari Jepang, Korea Selatan, negara-negara Asia Tenggara, serta perwakilan dari beberapa kedutaan asing di Indonesia. (cintia/adv/kominfokaltim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *