oleh

Ibu-Ibu di Desa Batuah Sulap lahan 1.100 Meter Menjadi Kebun Wisata

Kukar, kaltimnow.id – Ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam Dasa Wisma Pucuk, menyulap lahan seluas 1.100 meter menjadi kebun wisata di Desa Batuah, Kecamatan Loa Janan.

Dengan konsep yang unik, seperti rumah berbentuk pohon, kursi hias dengan bentuk love, hingga tempat duduk yang berbentuk kapal menjadi tempat favorit para pengunjung untuk mengabadikan momen mereka di smartphone.

Ketua Dasa Wisma Pucuk, Adriana Putri mengatakan, tempat wisata tersebut sempat tutup akibat pandemi COVID-19. Namun, memasuki masa new normal perlahan para pengunjung mulai berdatangan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Dibangun pada awal tahun 2020 bulan Januari, dan tempatnya sangat menakjubkan,” katanya, Sabtu (21/11/2020).

Kebun wisata tersebut juga memiliki berbagai macam jenis tanaman, seperti padi, sayur-mayur, dan lain sebagainya yang dikelola sebanyak 19 orang.

Tak hanya menanam, hasil panennya dapat dijual atau diolah menjadi makanan olahan seperti keripik pisang, keripik seledri, kripik ubi, dan olahan lainnya.

“Pemasarannya dijual ke warga sekitar aja, dan kita tawarkan ke pihak desa jika ada acara,” ujar Yeni, selaku Seketaris Dasa Wisa pucuk.

Selain Dasa Wisma Pucuk, ada sebanyak 80 dasa wisma lainnya yang juga membangun kebun serupa dengan keunikannya dan kreatifitas masing-masing para kelompok. (adv/zul)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *