oleh

Kaltim Boleh Buka Objek Wisata, Sri Wahyuni: Jika PPKM Level 2 dan Butuh Kolaborasi

Samarinda, Kaltimnow.id – Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), PPKM level 2 memberikan lampu hijau destinasi wisata untuk dibuka kembali, namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kaltim Sri Wahyuni mengatakan, pembukaan destinasi wisata apapun bentuknya saat ini tergantung dari leveling dan kondisinya.

“Namun berbeda dengan daerah yang memang masih menutup akses untuk wisatawan datang. Karena harus benar-benar ingin daerahnya hijau dulu. Seperti Kutai Barat dan Mahulu,” katanya, Sabtu (02/10/2021)

Kendati demikian, Sri Wahyuni mengaku sudah ada beberapa wilayah yang membuka destinasi wisata. Akan tetapi, lantaran level yang belum memungkinkan sehingga pengunjung pun dibatasi.

Dinas Pariwisata Kaltim sendiri sempat mengunjungi beberapa tempat wisata. Namun hanya pada saat ada event tertentu, seperti festival.

“Tapi masalah kebijakan untuk ini bisa dibuka itu memang adalah kewenangan di setiap satgas yang bertanggung jawab. Maka dari itu, Dispar Kaltim selalu mengerti apabila satgas memperketat pengawasan,” terangnya.

Karena mau bagaimanapun, Satgas harus memantau objek wisata tetap siap menerapkan protokol kesehatan (Prokes). Begitu pun dengan masyarakat, sumberdaya manusia (SDM) sangat penting diberikan.

“Jadi kami sangat memahami mengapa Satgas itu tidak serta-merta membuka gitu aja. Artinya ada diskresi atau penyesuaian kebijakan di Kabupaten atau Kota,” jelasnya.

Sri Wahyuni mengimbau kepada masyarakat tetap ingat menahan diri. Jangan sampai hanya karena Covid-19 melandai sehingga nanti meningkatkan euforia berkerumun yang berpotensi pada pelanggaran protokol kesehatan.

“Nanti berbondong-bondong dan egois untuk masuk ke tempat wisata. Dengan keterbatasan petugas pun tidak mampu ketika pengunjung membeludak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sri Wahyuni mengungkapkan bahwa untuk pemulihan sektor pariwisata sangat butuh sinergi dan kolaborasi antara pemerintah Dispar dan masyarakat.

“Tapi beberapa destinasi perlahan sudah mulai bangkit lagi memperbaiki semuanya. Semoga Covid-19 terus melandai, semua sektor bisa terus berbenah kembali,” harapnya. (mal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.