oleh

Kantor Baru Disperindagkop UKM Kaltim Diresmikan, Isran Noor Harap Tingkatkan Perekonomian

Samarinda, Kaltimnow.id – Kantor baru Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi (Disperindagkop) dan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yang baru saja selesai direnovasi diresmikan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor, di Jalan MT Haryono Samarinda.

Peresmian gedung ditandai dengan pemotongan pita merah oleh Gubernur Kaltim saat didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kaltim Sri Wahyuni, pada Selasa (26/04/2022).

Setelah meresmikan gedung baru tersebut, Isran Noor mengelilingi pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang digelar oleh Disperindagkop-UKM Kaltim.

Dia juga melihat-lihat ruangan lain yang di dalamnya terdapat customer service (CS) pengaduan konsumen seperti Balai Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB), hingga Sertifikat Keterangan Asal (SKA) dan ruangan lainnya.

“Semoga gedung baru ini diberikan kelancaran dan kemudahan dari Tuhan Yang Maha Esa, atas nama pemerintah dan masyarakat Kaltim selamat atas diresmikannya kantor baru ini,” jelasnya.

Isran Noor berharap agar peresmian kantor baru ini dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Benua Etam khususnya UMKM.

“Semoga kantor ini bermanfaat dan berguna untuk masyarakat dalam rangka peningkatan perekonomian Kaltim,” ungkapnya.

Usai berkeliling kantor baru Disperindagkop dan UKM, Gubernur Isran Noor memasuki aula dan mengikuti acara seremonial dengan mendengarkan laporan dari Kepala Dinas PUPR Kaltim, Aji Muhammad Fitra Firnanda dan Kadisperindagkop dan UKM HM Yadi Robyan Noor.

Lebih lanjut, penyelesaian bangunan seluas kurang lebih 1 hektar itu diketahui dilimpahkan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kaltim.

Kepala Dinas PUPR Katim Aji M Fitra mengatakan, penyelesaian bangunan gedung baru Disperindagkop Kaltim ini telah terbagi dari tiga tahap. Tahap pertama mulai dilakukan pada tahun 2019 dengan nilai kontrak sekitar Rp20 miliar.

“Jadi penyelesaian pembangunan gedung baru ini telah dibagi tiga tahap yakni mulai tahun 2019, 2022, dan 2021,” jelas Aji M Fitra.

Dia menuturkan, pembangunan tahap pertama pada tahun 2019 dengan nilai kontrak sekitar Rp20 miliar tersebut, pihaknya telah berhasil menyelesaikan bangunan gedung B serbaguna, mushola hingga drainase.

Kemudian pada tahap dua tahun 2020 dilanjutkan dengan penyelesaian gedung utama hingga pengerjaan bangunan melalui metode struktur dan metode arsitektur dengan nilai kontar sekitar Rp12 miliar.

Dilanjutkan pada tahap tiga tahun 2021 dengan nilai kontrak kisaran Rp11 miliar. Pada tahap ini PUPR Kaltim melakukan penyelesaian pengerjaan arsitektur, hingga kelengkapan sound system.

“Sehingga keseluruhan dari tiga tahap pembangunan dan penyelesain gedung baru Disperindagkop Kaltim yaitu kurang lebih senilai Rp50 miliar,” sambungnya.

Kadisperindagkop-UKM Kaltim, HM Yadi Robyan Noor menyampaikan rasa syukurnya atas peresmian kantor baru tersebut, dirinya berharap dapat melakukan pelayanan dengan lebih baik lagi kedepannya.

“Yang jelas kami happy, pak Gubernur happy. Satu yang diminta oleh pak Gubernur tadi pelayanan lebih baik lagi kedepannya. Kami mempunya 7 pelayanan, untuk ekspor, UKM, perdagangan dan sebagainya ada. Mudah-mudahan pelayanan di bidang perindustrian, perdagangan, koperasi, usaha kecil dan menengah bisa lebih baik lagi kedepannya,” harapnya. (adv/kmf/cintia)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.