oleh

Kecamatan Tenggarong Ajak Masyarakat Tingkatkan Baca Al-Quran Melalui Rumah Tahfidz

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Kecamatan Tenggarong melalui bidang Kesejahteraan (Kesra) mengajak masyarakat untuk meningkatkan baca kitab suci Al-Quran melalui Rumah Tahfidz. Hal itu sekaligus mendukung salah satu visi misi Bupati Kukar Edi Damansyah, yaitu Gerakan Etam Mengaji (GEMA) Idaman.

“Alhamdulillah di kecamatan kita punya tiga Rumah Tahfidz, jadi masyarakat dapat belajar dan menghafal Al-Quran,” kata Muksin selaku Kasi Kesra Kecamatan Tenggarong, pada (25/03/2022) siang.

Lebih lanjut, keberadaan Rumah Tahfidz sekaligus meningkatkan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berakhlak mulia, unggul dan berbudaya.

Dalam pengertiannya, Rumah Tahfidz Quran adalah lembaga bukan pesantren dengan aktivitas belajar dan menghafal Al-Quran, mengamalkan, dan membudayakan nilai-nilai Al-Quran dalam sikap hidup sehari-hari berbasis hunian, lingkungan, dan komunitas.

Untuk mensosialisasikan atau mengajak belajar dan menghafal Al-Quran di Rumah Tahfidz, Muksin mengatakan telah bekerja sama dengan dewan masjid dan MUI.

“Setiap ada acara dari kami dan lainnya, kami selalu memberikan suguhan baca-bacaan doa. Dan menyampaikan kepada masyarakat khususnya anak-anak untuk dapat bergabung ke Rumah Tahfidz,” ajaknya.

Ia pun berharap dengan adanya program pembinaan keagamaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar, seluruh umat muslim di Tenggarong dapat meningkatkan minat baca Al-Quran.

“Memang harapannya nanti yang mengikuti program ini, dapat diterapkan di desanya masing-masing, terus membuka tempat pembelajaran Al-Quran,” ungkapnya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus berupaya untuk menjadikan masyarakat Kutai Kartanegara yang inovatif berdaya saing dan mandiri dengan menjadikan masyarakat hidup sejahtera dan bahagia (Kukar Idaman) di bawah naungan Al-Quran.

Upaya itu telah dituangkan dalam Perda tentang Gerakan Etam Mengaji (Gema) sebagai payung hukum yang jelas terhadap program yang telah dan akan berjalan, antara lain, satu desa satu hafiz Alquran, Dai Masuk Desa, Safari Subuh, serta Sertfikasi Guru TPA/TKA. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.