oleh

Kembangkan Budidaya Rumput Laut Muara Badak, Disperidag Kukar Gandeng UGM

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus mengembangkan budidaya rumput laut di Kecamatan Muara Badak, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Ditemui secara langsung Kepala Bidang (Kabid) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Imam mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan UGM Yogyakarta melakukan kajian dan penelitian untuk apa saja yang menjadi persyaratan dalam mengelola rumput laut.

“Hasil dari kajian tersebut bisa memberi tahu siapa yang layak untuk mengelola. Dan hasil dari kajian itu nanti kita serahkan ke Pak Bupati,” katanya, Senin (21/03/2022).

Lebih lanjut, Imam menjelaskan, untuk penjualan rumput laut yang diproduksi Kabupaten Kukar dikirim ke Sulawesi. Namun, penjualannya tidak sekala besar, sehingga pihaknya mengupayakan agar rumput laut dapat diolah sendiri dan dipasarkan ke daerah-daerah lain.

“Dari Kecamatan Muara Badak cukup banyak produksi rumput lautnya, sehingga dengan adanya pabrik disana tidak hanya menjual bahan mentah saja. Tetapi bahan setengah jadi maupun jadi untuk siap dipasarkan,” jelasnya.

Imam pun berharap dengan adanya pabrik tersebut, dapat menyerap produksi rumput laut secara maksimal serta membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang ada di Kecamatan Muara Badak.

“Tentunya ini menjadi peluang yang baik untuk masyarakat, sehingga dari kita harus menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten, agar hasil produksi rumput laut kita bagus dan dapat bersaing dengan produk rumput dari daerah lain,” harapnya. (ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.