oleh

Kerja Sama Dengan PMI, ACE Hardware BIG Mall Samarinda Kembali Gelar Donor Darah

Samarinda, Kaltimnow.id – ACE Hardware BIG Mall Samarinda kembali menggelar kegiatan donor darah, dalam penyelenggaraan donor darah nasional yang secara rutin serentak dilaksanakan oleh Kawan Lama Group, dimana setelah dua tahun terhalang Pandemi Covid-19, pada Sabtu (03/12/2022).

Kegiatan ini digelar bertepatan dengan peringatan Hari Sukarelawan Internasional, yaitu pada tanggal 03 Desember 2022, di 40 titik toko ACE dan INFORMA yang tersebar di 27 kota di Indonesia.

Dalam kegiatan donor darah di ACE Hardware BIG Mall, tampak sejumlah masyarakat umum mendonorkan darahnya. Sebelum donor, para pendonor diharuskan melalui proses screening bersama tenaga kesehatan. Hal ini demi memastikan pendonoran bisa berjalan baik.

Store Manager ACE Hardware BIG Mall Samarinda, Deden Kurniawan mengungkapkan kegiatan donor darah ini berangkat dari komitmen Kawan Lama Group untuk bisa berkontribusi di masyarakat. Terlebih lagi, donor darah sudah jadi kegiatan rutin yang dilaksanakan dari tahun ke tahun.

“Ini kegiatan rutin. Merupakan komitmen dari Kawan Lama Group untuk memberi kontribusi ke masyarakat sekitar,” jelasnya.

Donor darah yang terlaksana di ACE Hardware BIG Mall Samarinda ini juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Samarinda. Kegiatan donor darah dimulai sejak pukul 13.00 Wita hingga 17.00 Wita. Bersifat umum, sehingga semua orang yang berminat mendonorkan darahnya dipersilakan.

“Siapapun boleh ikut. Tentunya karyawan kami juga harus bisa berkontribusi juga. Kegiatan donor darah ini dilaksanakan pada hari ini saja,” lanjut Deden.

Sebagai informasi, kegiatan donor darah ini serentak dilaksanakan di 27 kota se-Indonesia. Di ACE Hardware BIG Mall, ditargetkan 75 kantong darah bisa terkumpul. Pihaknya berharap, target tersebut bisa tercapai.

“Darah-darah yang sudah didonorkan hari ini akan langsung kami serahkan ke PMI Samarinda. Kami memfasilitasi saja,” sebut Deden.

Adapun 27 kota yang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan ini adalah DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Cirebon, Tangerang Selatan, Bandung, Denpasar, Semarang, Solo, Surabaya, Tegal, Makassar, Manado, Medan, Lampung, Pekanbaru, Banjarmasin, Balikpapan, Banjarbaru, Pontianak, Samarinda, Batam, Kupang, Lombok, dan Ambon. Pada penyelenggaraannya, Kawan Lama Group juga bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia UDD (Unit Donor Darah) di setiap kota.

Kegiatan Donor Darah Nasional ini dimulai dengan registrasi sukarelawan untuk pendataan golongan darah, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah, suhu tubuh dan riwayat sakit untuk memastikan kondisi kesehatan dari sukarelawan. Setelah kedua proses awal tersebut selesai, barulah para sukarelawan dapat mendonorkan darahnya.

Estimasi kantong darah yang didonorkan dalam pelaksanaan kegiatan kali ini adalah 3.000 kantong, yang akan menggenapkan jumlah total kantong darah yang terkumpul sejak tahun pertama penyelenggaraan hingga sekarang menjadi 20.000 kantong.

Penulis: Cintia Rahmdani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *