oleh

Kerjasama LPK PT ERM, Distransnaker Kukar Latih Skill Kepada Para Pencari Kerja

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Distransnaker) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan LPK PT Equipment Reliability Management (ERM) Balikpapan memberikan pelatihan kompetensi skill kepada Para Pencari Kerja (PPK).

Kepala Bidang PHI, Syaker dan Jamsostek Disnakertrans Kukar, Syukur Eko Budi Santoso mengatakan, sebanyak 15 peserta mengikuti pelatihan kompetensi tersebut.

“Jadi ini merupakan kerjasama dari Distransnaker bekerjasama dengan LPK PT Equipment Reliability Management (ERM) Balikpapan, mereka mendapatkan materi seputar mekanisme alat berat,” katanya, pada Jumat (5/11/2021).

Adanya kerjasama tersebut, bertujuan untuk para PPK ini memiliki keahlian, sehingga ketika mereka melamar suatu pekerjaan atau ada lowongan pekerjaan mereka sudah memiliki ilmu dan sesuai dengan kriteria yang dicari.

“Mudah-mudah mereka mendapatkan pekerjaan dan bagi masyarakat yang belum melaporkan sebagai pencari kerja, dapat melaporkannya ke kami. Sehingga masuk ke dalam daftar pencari kerja dan jika ada infomasi lowongan kerja akan diberitahu,” ujar pria yang akrab dipanggil Eko.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dimana adanya persoalan kesenjangan antara formasi yang dibutuhkan dengan kesiapan para pencari kerja yang tidak terkoneksi. Rata-rata, mereka yang mendaftar adalah pekerja non skill.

“Disisi lain perusahaan-perusahaan mencari tenaga kerja yang telah memiliki skill dengan sertifikasi maupun pengalaman kerja,” jelasnya.

Kemudian, ia menuturkan bahwa Bupati Kukar, Edi Damansyah telah meminta kepada sejumlah perusahaan untuk meringankan persyaratan pada bagian pengalaman kerja. Dimana kebanyakan para pelamar masih minim pengalaman kerja atau baru lulus sekolah. (adv diskominfo/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.