oleh

Ketua DPRD Kaltim: Jangan Sampai Calon Direksi Perusda Sarat Kepentingan Politik

Samarinda, Kaltimnow.id – Tahapan seleksi calon direksi Perusahaan Daerah (Perusda) Kalimantan Timur telah memasuki babak akhir.

Para calon direksi tinggal menunggu keputusan akhir dari Gubernur Kaltim untuk menentukan siapakah yang layak berdasarkan hasil nilai dari proses seleksi.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK mengatakan siap memberikan masukan jika diminta, meski menurut aturan tidak terlibat secara langsung.

“Paling tidak, orang yang di perusda ini betul-betul sesuai profesinya, bukan kita menunjuk untuk menjaga begitu saja,” kata Makmur saat ditemui usai rapat Paripurna, pada Jumat (30/04/2021).

Dia meminta agar direksi perusda yang sebelumnya pernah menjabat dengan kinerja yang buruk agar tidak terpilih lagi.

“Harapan kita begitu evaluasinya, jadi yang terpilih bisa memberikan dan menyumbang manfaat bagi masyarakat kaltim,” ucap Makmur.

Lanjutnya, untuk penunjukan direksi perusda nantinya akan dilakukan oleh Gubenur dan Wakil Gubernur Kaltim berdasarkan penilaian dari semua hasil tahapan seleksi yang telah dilakukan.

“Seperti uji kompetensi kelayakan, syarat dalam bidang tertentu mereka harus mempunyai nilai yang bagus, dan visi misinya jelas terutama track recordnya,” kata Makmur.

Dia mengingatkan, untuk penentuan direksi nantinya semua pihak harus profesional, tidak boleh ada faktor kedekatan emosional apalagi sampai ada kepentingan politik.

“Kalau ada calon direksi dari partai politik apalagi titipan pimpinan partai itu tidak boleh, pasti orientasinya akan lain,” tegasnya.

Makmur pun menceritakan pengalamannya menjadi Bupati Berau, ketika ada perusahaan daerah yang setiap tahunnya menerima bantuan dana hibah, namun tidak menghasilkan sama sekali, sehingga dirinya mengaku langsung menutup perusahaan tersebut.

“Harapan kami, perusda ini ada asas manfaatnya bagi pembangunan masyarakat kaltim, jangan sampai malah membebani APBD provinsi,” harap Makmur.

Penulis: Chintia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *