oleh

Kompetisi Kopi di Kaltim Gandeng Pelaku UMKM Lokal, Budi: Luwak Battle Menjadi Pembeda

Samarinda, Kaltimnow.id – Dalam rangka hari kopi internasional yang jatuh pada 1 Oktober, sejumlah General Manager (GM) di Kalimantam Timur bersama dengan pemerintah setempat dan komunitas kopi mengadakan lomba menyeduh kopi.

Selain lomba menyeduh kopi, pada event ini juga menggandeng sejumlah pelaku UMKM. Dimana dari Desa Perangat, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki kopi luak yang cukup enak untuk dinikmati dan menjadi pembeda dalam perlombaan tersebut.

Ditemui secara langsung Budi Wahjono selaku Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Kalimantan Timur (Kaltim) mengatakan kepada media Kaltimnow.id, jika mengadakan lomba manual brew atau latte art sudah biasa dilakukan.

“Makanya disini ada tiga kategori, dan luwak battle ini menjadi pembedanya. Selain pertama, kopinya juga berasal dari Desa Perangat,” katanya, Senin (01/11/2021) pagi.

Kemudian, pria yang akrab dipanggil Budi ini mengungkapkan, dengan adanya Luwak Battle ini sekaligus memperkenalkan kepada para pelaku usaha kopi, GM hotel, pemerintah dan masyarakat luas.

“Sebelum lomba kita sudah melakukan kunjungan ke beberapa tempat dan memanggil sejumlah Kepala Desa untuk mempresentasikan kopinya dan Camat Marangkayu juga. Produksinya bisa diserap dari hotel-hotel dan bagus kualitasnya. Dayung bersambut, banyak yang mau, dan tanda kutip lebih bergairah,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, Kaltim Menyeduh Kopi 2021 ini akan terus dilakukan setiap tahunnya. Dan pada hari pertama pembukaan sudah mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Parawisata (Dispar) Kalimantan Timur (Kaltim) dan juga Samarinda, serta beberapa stake holder lainnya.

“Event ini akan dilakukan setiap tahun, bahkan Kadispar kaltim mengatakan event ini harus dilakukan tingkat nasional dan dijadikan agenda Kaltim. Untuk antusianya UMKM dan dari GM Hotel sangat antusias, saya bisa bilang peran para pihak saling mendukung. Dari pemerintah, komunitas semuanya mendukung,” pungkasnya. (ant)

Berikut daftar pemenang Kaltim Menyeduh Kopi 2021 Luwak Battle :

Juara 1, Hans Alif
Juara 2, Zakaria
Juara 3, Marius

Latte Art :
Juara 1, Arie
Juara 2, Sirma Edi
Juara 3, Tio Pradana

Manual Brew
Juara 1, Alvin Nur
Juara 2, Jovan Fadlan
Juara 3, Eki Patintingan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.