oleh

Kukar Tembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020

Jakarta, kaltimnow.id – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), berhasil tembus Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia.

Melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kukar memiliki program Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam (KLIK ME).

Hal itu berdasarkan surat pengumuman yang dikeluarkan oleh Kementerian PANRB Nomor B/366/PP.00.05/2020. 

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kukar, Sunggono menghadiri acara tersebut dan menerima penghargaan dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo di Gedung Tribata Jakarta Selatan, Rabu (25/11/2020).

Selain mendapatkan penghargaan, Kukar juga diberikan Apresiasi Inovasi Pelayanan Publik Penangananan Covid-19 dan Top Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020.

“Atas nama pemerintah Kukar, saya berterimakasih kepada Dinas ESDM yang telah mencetuskan ide untuk berinovasi di pelayanan publik KLIK ME ini,” kata Sunggono, Rabu (25/11/2020).

Kemudian, Sunggono juga berharap kepada KLIK ME dapat terus maju dan berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat Kukar, khususnya di desa-desa yang belum dapat dialiri listrik PLN.

Menurut informasi, KLIK ME menggunakan teknologi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Dan didukung anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan Kementerian ESDM, saat ini dikelola Badan Usaha Milik Des (BUMDes) Bersinar Desaku Desa Muara Enggelam.

Sebelum adanya KLIK ME pasokan listrik rumah warga mengandalkan ganaet yang beroperasional selama 6 jam/hari. 

“Rata-rata warga membayar Rp 30.000 perharinya dan enam jam saja jam operasional gensetnya,” jelas Sunggono.

Berkat adanya inovasi PLTS, masyarakat pun dapat menikmati pasokan listrik selama 24 jam.

KLIK ME melayani kebutuhan listrik 713 jiwa (174 KK) dengan daya masing-masing 350 watt/rumah, bertarif murah sebesar Rp 3.000 perhari. (adv/nin/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.