oleh

Mahasiswa Unmul Promosi Batik Tulis Lewat Brosur ke Pelajar

Samarinda, Kaltimnow.id – Genjot Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Samarinda, mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda promosi melalui media cetak.

Adapun media cetak yang disebar luaskan kepada masyarakat adalah brosur, dan dikenalkan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Brosur ini salah satu media promosi yang efektif untuk mempromosikan produk batik tulis dan jasa pelatihan kursus,” kata Juwita, mahasiswa Unmul, Senin (9/8/2021).

Adapun UMKM yang dikenalkan oleh mahasiswa Unmul ini adalah UMKM Batik Tulis LKP Atiiqna SMART. Dimana pihaknya memilih usaha yang bergerak dibidang fashion ini, karena sudah menjadi salah satu identitas bangsa.

“Mempertahankan warisan budaya sebagai identitas bangsa Indonesia yang menjadi kebanggaan. Selain itu, para kaum milenial tidak perlu lagi jauh-jauh ke pulau Jawa dan sekitarnya untuk mengikuti pelatihan membatik,” ungkap Juwita.

Di tempat terpisah, Waryono selaku Wakil Kepala Kesiswaan SMA Negeri 5 Samarinda mendukung program kerja mahasiswa Unmul tersebut.

Dengan adanya program tersebut, para pelajar akan lebih kenal dan mengetahui cara proses pembuatan batik. Sehingga mereka akan cinta dan bangga terhadap warisan budaya.

“Tentunya secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian para pelaku usaha, apalagi ini warisan budaya yang harus dilesatrikan dari generasi ke generasi,” tambahnya.

Ia pun juga berharap, dengan adanya program tersebut para pelajar dapat menambah wawasan dan kreativitas dalam berkarya.

“Mampu menambah wawasan dan kreativitas siswa untuk kedepannya. Pihak sekolah juga akan mendukung agar siswa dapat action langsung membuat batik tulis ketika situasi telah memungkinkan,” pungkasnya. (juw/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed