oleh

Mudahkan Pengunjung Mendapatkan Buku, Perpustakaan Kukar Terapkan Sistem OPAC

Kutai Kartanegara – Guna memudahkan pengunjung untuk mencari dan mengetahui tata letak buku dibagian rak buku, Perpustakaan Umum Kutai Kartanegara di Jalan Danau Semayang, Kecamatan Tenggarong menerapkan sistem Online Public Access Catalog (OPAC).

“Sistem OPAC ini memudahkan pengunjung untuk mencari dan mengetahui tata letak buku dibagian rak buku,” kata Bagian Layanan Otomasi dan Kerjasama Perpustakaan, Perpustakaan Umum di Tenggarong, Jumadi, Selasa (01/12/2020).

Selain itu, sistem OPAC juga untuk mengetahui apakah buku yang diinginkan tersedia atau sedang dipinjam.

“Jadi pengunjung kalau datang langsung tanyakan ke petugas terkait keberadaan buku tersebut,” tuturnya.

Lanjut Jumadi, keberadaan OPAC ini memudahkan petugas untuk mengentri koleksi buku dan menentukan koleksi tersebut disimpan di rak bagian mana.

Di Perpustakaan tersebut, memiliki 74 ribu macam buku. Selain itu, perpustakaan ini juga dilengkapi tempat baca untuk umum dan area bermain baik anak-anak.

“Untuk pelajar dan mahasiswa, telah disediakan meja untuk berdiskusi. Hal ini agar pengunjung yang datang tidak merasa bosan dan jenuh,” tambahnya.

Untuk diketahui, perpustakaan hanya melayani pengunjung pada hari Senin – Kamis dari jam 09.00 -15. 00 Wita dan Jumat dari jam 08.00 hingga 11.00 Wita. (yue)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *