oleh

New normal, 32 Pelayanan Puskesmas di Kukar Kembali Dibuka

Kutai Kartanegara – Sebanyak 32 puskesmas yang ada di 18 kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara kembali menjalankan program layanan kesehatan tengah pandemi COVID-19. Namun tetap beradaptasi dengan new normal, dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker saat berada di luar rumah.

“Berjalanya kembali 32 pukesmas di tengah pandemi COVID-19 yang ada di 18 kecamatan di Kukar ini saya pastikan sudah sesuai protokol kesehatan. Sebelumnya kan waktu di bulan Maret sampai April posyandu sempat tutup. Namun tidak semuanya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kukar, dr Martina Yulianti (04/12/2020) pagi.

Walau sudah masuk dalam masa New Normal, ia mengatakan setiap pukesmas harus melangkapi tenaga medisnya dengan Alat Pelindung Diri (APD) dan protokol kesehatan.

“Tetapi kita akan tetap memantau setiap pukesmas dalam menjalankan tugasnya, dan yang pasti petugas medis harus dan wajib melengkapi diri dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), masker bedah atau masker medis serta sarung tangan lateks,” jelasnya.

dalam pelayananya, Yulianti mengatakan tidak ada pembatasan jumlah pasien, tetapi lebih memperketat protokol kesehatanya.

“Untuk pelayanannya, kami rasa tidak ada pembatasan jumlah pasien, seperti pelayanan Keluarga Berencana (KB) ibu dan anak. Kemudian yang lain-lainnya juga, tidak ada masalah. Cuman kita sambil mengerjakan COVID-19 dan menerapkan secara ketat protokol kesehatan,” pungkasnya. (yue)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *