oleh

Nurdiansyah Resmi Dilantik Sebagai Ketua Umum Himab Kaltim

Samarinda, Kaltimnow.id – Pengurus baru Himpunan Mahasiswa Buton Kalimantan Timur (Himab Kaltim) masa bakti 2022-2024 resmi dilantik di Aula Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Sabtu (14/05/2022) malam tadi.

Acara yang berlangsung dari pukul 20.00 Wita itu dihadiri berbagai elemen mahasiswa kedaerahan di Kaltim. Turut hadir pula anggota Komisi I DPRD Samarinda, Joni Sinatra Ginting.

Adapun rangkaian acaranya dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-quran, menyanyikan lagu indonesia raya, lalu sambutan-sambutan, kemudian dilanjutkan pelantikan pengurus dan serah terima jabatan dari ketua umum demisioner Makta Labirin kepada Ketua Umum terpilih Nurdiansyah.

Usai pelantikan, ketua terpilih Nurdiansyah mengungkapkan, salah satu yang akan menjadi sorotan di masa jabatan yang baru saja diembannya itu yakni persoalan sosial di Kaltim khususnya kota Samarinda. Ke depan kata Nurdin sapaannya itu, juga akan berupaya turut aktif berpartisipasi dalam pembangunan Kaltim khususnya kota Samarinda.

“Tentunya Himab Kaltim kedepannya akan itu terlibat menyelesaikan permasalahan sosial yang ada di Kaltim khususnya kota Samarinda,” papar demisioner Ketum Himab Cabang Samarinda itu.

Lebih jelas Nurdin, bersama kabinet kerjanya akan membentuk semacam tim advokasi dan mediasi bekerja sama dengan lembaga hukum. Tim ini nantinya akan menjadi wadah dan diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat ketika ingin menyampaikan keluhan atau mungkin saja persoalan hukum dan sebagainya yang memungkinkan Himab turut membantu.

“Maka dari itu kedepan kami akan membentuk tim advokasi dan mediasi bekerja sama dengan pihak-pihak hukum dalam mengatasi permasalahan sosial di masyarakat,” lanjutnya.

Lebih lanjut Nurdin, memegang tongkat estafet kepemimpinan tentu bukan hal yang mudah. Kendati demikian, dia bersama kabinetnya menegaskan akan menuntaskan salah satu PR masa kepemimpinan sebelumnya yakni mendirikan cabang Himab di beberapa Kabupaten/Kota di Kaltim di antaranya dia menyebut Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Kartanegara (Kukar).

“Selain itu, kedepan juga kami akan membentuk cabang Himab di beberapa Kab/Kota yaitu Sangatta dan Tenggarong,” tambahnya.

Sementara itu, Irwansyah, salah satu tokoh muda Buton menyampaikan apresiasi atas dilantiknya kepengurusan yang baru Himab Kaltim. Dia mengatakan, mahasiswa bebagai kaum intelektual, peran dan fungsi mahasiswa tidak sekadar lulus kuliah dan sukses dalam pekerjaannya di kemudian hari. Namun mahasiswa juga memiliki fungsi sosial yang lebih luas bagi kehidupan bermasyarakat.

Untuk itu, dia berpesan kepada kader-kader Himab agar turut melakukan fungsi kontrol kepada pemerintah sebagaimana mahasiswa yang juga merupakan penyambung aspirasi masyarakat.

“Kita punya harapan yang sama yaitu bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai mahasiswa. Tidak hanya sebagai penikmat kebijakan atau penonton saja melainkan turut aktif memperhatikan dinamika sosial yang terjadi di masyarakat,” pesan Irwan yang saat ini menjabat sebagai Komisioner KPID Kaltim.

Sekedar diketahui, rangkaian acara pelantikan kepengurusan baru Himab Kaltim tersebut digelar secara bersamaan dengan acara Halal Bihalal oleh Himab Cabang Samarinda. Acara kemudian ditutup dengan pembagian hadiah lomba Semarak Ramadan yang telah usai dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Penulis: Cintia Rahmadani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.