oleh

Open Turnamen Angkat Besi Piala Gubernur Kaltim Junior 2022 Resmi Dibuka

Samarinda, Kaltimnow.id – Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kalimantan Timur (Kaltim), Agiel Suwarso menyampaikan bahwa olahraga angkat besi masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Hal itu disampaikannya, pada pembukaan Open Turnamen Angkat Besi Piala Gubernur Kaltim Junior tahun 2022, yang terselenggara di Gedung Serbaguna Kompleks GOR Kadrie Oening, pada Kamis (11/08/2022).

“Tujuan kita adalah untuk peningkatan kualitas, atlet angkat besi. Karena, atlet angkat besi ini bisa menjadi olahraga yang cukup populer. Karena, merupakan DBON yang sudah dicanangkan Presiden. Kita patut bersyukur angkat besi ini masuk DBON dengan beberapa cabor yang lain,” kata Agiel.

Dirinya sebagai Pengprov, berharap agar cabang olahraga (Cabor) angkat besi ini dapat dikenal luas bukan hanya di kota Samarinda, tapi juga di seluruh kabupaten/kota di Kaltim.

“Maka tugas kami sebagai pengurus provinsi adalah membentuk kepengurusan di tingkat kabupaten/kota dan alhamdulillah ini sudah terbentuk dengan baik. Serta Kita juga berharap kejuaraan-kejuaraan seperti ini bukan hanya dipusatkan di Kota Samarinda sebagai ibukota provinsi tapi bisa bergeser ke daerah-daerah yang lain.” harapnya.

Menurut Agiel, cabor angkat besi di kota Samarinda yang paling maju dari daerah lain di Kaltim, namun juga banyak atlet angkat besi dari kabupaten/kota di Kaltim yang memiliki potensi, tapi pembinaan di daerah hingga saat ini masih belum merata.

“Kita berharap, dengan even ini kita bisa memunculkan dan mencetak atlet baru bukan hanya dari Kota Samarinda. Tapi bisa dari 10 kabupaten/kota yang ada di Kaltim,” ujarnya.

“Kita patut bersyukur dan bisa mencontoh bagi pengurus-pengurus angkat besi di kabupaten lain. Alhamdulillah di Kota Samarinda cukup luar biasa karena ada dukungan dari Dispora Kota Samarinda,” tambahnya.

Dengan diadakannya Open Turnamen ini, Provinsi dan kabupaten/kota dapat saling mengisi dan saling menopang, sebab ini adalah kegiatan Open Turnamen yang pertama dalam cabor angkat besi.

“Saya berharap mudah-mudahan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, dan saat ini disampaikan bahwa tidak hanya Open turnamen, Insya Allah kami juga akan melaksanakan pra-PON yang Insya Allah akan dipusatkan di Kota Samarinda,” pungkas Agiel.

Penulis: Cintia Rahmadani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.