oleh

Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Program Klinik Wirausaha Terpaksa Ditunda Dispora Kukar

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Kondisi pandemi COVID-19 di Kutai Kartanegara (Kukar) berpengaruh besar terhadap kegiatan di tubuh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar. Salah satunya program unggulan Klinik Wirausaha, yang kerap tiap tahun dilaksanakan.

Karena pandemi belum berakhir, Dispora Kukar memilih untuk meniadakan sementara kegiatan tersebut. Disamping memang untuk tahun ini tidak dilakukan penganggarannya. Sehingga salah satu upaya yang dilakukan Dispora Kukar, yakni menghubungkan langsung antara wirausahawan di Kukar dengan tenaga ahli yang kerap mengisi pelatihan.

Diketahui, wirausahawan yang ada di Kukar tersebar di 18 kecamatan. Sedangkan penguji dan tenaga ahli yang kerap diundang oleh Dispora Kukar juga terbatas. Apabila tetap dipaksakan, dikhawatirkan menimbulkan kasus baru yang semakin masif. Resikonya pun dianggap sangat tinggi yang menyebabkan potensi penyebaran kasus Covid-19 semakin luas.

“Upayanya hanya memfasilitasi jarak jauh, meskipun tidak secara langsung,” kata Kabid Kewirausahaan dan Kepramukaan Dispora Kukar, Aji, pada Kamis (09/09/2021).

Meskipun tidak melakukan pelatihan kewirausahaan, komunikasi dengan para wirausahawan di Kukar pun tidak putus. Ketika memang ada perlombaan, akan segera diinformasikan dengan para wirausahawan. Dispora Kukar akan membuatkan surat pengantar sebagai salah satu syarat untuk mengikuti perlombaan.

Aji Ali Husni pun mengatakan, program klinik pelatihan wirausaha yang dikerjakan oleh Dispora Kukar cukup diterima baik di Kukar. Buktinya, hingga saat jumlah wirausahawan yang mengikuti pelatihan dan terdaftar di Dispora Kukar mencapai 900 orang lebih.

“Itu akan terus bertambah. Dengan tujuan untuk menciptakan wirausaha-wirausaha yang handal di Kukar,” ungkapnya. (adv/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.