oleh

Panen Padi di Makroman, Andi Harun Sebut Samarinda Miliki Potensi Sektor Pertanian Sangat Besar

Samarinda, Kaltimnow.id – Kelompok Tani Bina Raya menggelar panen padi bersama, di kawasan Jalan Pertanian, RT 16, Kelurahan Makroman, Sambutan Samarinda, pada Kamis (04/03/2021) pagi.

Walikota Samarinda Andi Harun yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, bahwa potensi sektor pertanian di Samarinda sangat besar. Pasalnya lahan Kelompok Tani Bina Raya yang memiliki 130 hektar sudah siap di panen seluruhnya.

“Luas lahan sekitar 130 hektar, dan ini sudah siap di panen. Ini pertanda bahwa Samarinda memiliki potensi pertanian sangat besar. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah bidang strategis ketahanan pangan ini,” katanya.

Lanjut Andi Harun, saat ini Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) masih dalam proses pembahasan, agar lahan pertanian tidak dapat dialihfungsikan.

“Mudah-mudahan dalam RTRW ini semua lahan pertanian kita termasuk lahan sawah terproteksi sehingga kedepan tidak bisa mudah dirubah status lahanya,” terangnya.

Pemerintah Kota Samarinda juga setiap tahunnya akan terus berusaha melakukan peningkatan lahan, agar produksi padi juga akan meningkat. Selain itu juga dibantu dengan alat pertanian, bibit yang berkualitas.

“Ini kometmen kita, kendala kita di lahan. Namun dengan sinergi Pemerintah, masayatakat dan swasta, insyaallah akan berusaha memperluas lahan persawahan kita,” harap Andi Harun.

Ia mengaku sudah memberikan arahan kepada Kapala Dinas Pertanian, sehingga program tersebut dapat masuk dalam program Pemerintah Kota Samarinda.

“Kita akan bahas di APBD perubahan, dan saya berkomitmen untuk menyediakan alokasi anggaran peningkatan di bidang pertanian,” tutupnya. (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *