oleh

Pemda Dukung Sport Science hingga Sport Tourism yang Tengah disiapkan oleh Dispora Kaltim

Balikpapan, kaltimnow.id – Persiapkan Popnas XVI, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) bersama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengadakan Workshop Pelatihan Iptek di Kota Balikpapan.

Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, M Sa’bani mentakan, pemerintah daerah mendorong agar sport science bisa semakin mudah diaplikasikan kepada setiap cabang olahraga.

”Saya berkeyakinan bahwa dengan kerja keras para Pelatih dan atlet yang ditunjang seluruh official cabang olahraga, Kalimantan Timur akan mampu berbicara banyak di kancah POPNAS XVI di Sumsel dan Babel,” katanya, Rabu (24/3/2021) kemarin.

Ditempat yang sama, Kepala Dispora Provinsi Kaltim, Agus Tianur menjelaskan bahwa dengan terselanggaranya kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya dengan peserta yang sama.

”Peserta pelatihan ini adalah pelatih-pelatih cabor yang akan bertanding di POPNAS mendatang, dengan harapan pelatihan yang berjenang serta berkelanjutan mampu melahirkan pelatih profesional dan handal sebagaimana harapan kita bersama,” jelasnya.

Dengan peningkatan kualitas pelatih, Pemprov Kaltim melalui Dispora berharap agar prestasi Kaltim di ajang POPNAS dapat meningkat dan berbicara banyak di event dua tahunan tersebut.

Agus Tianur menyampaikan bahwa Dispora Kaltim tengah mempersiapkan langkah-langkah melaksanakan sport tourism¸ yang memanfataakan keindahan alam Kaltim khususnya pada Olahraga Perairan di Kabupaten Berau.

”Kami telah membangun komunikasi dengan Pemerintah

Kabupaten (Pemkab) Berau, mohon dukungan dan restu bapak gubernur melalui bapak sekda agar kegiatan ini dapat segera terlaksana, sebagai upaya kami membangun kembali geliat wisata dan olahraga perairan di Bumi Mulawarman,” ungkap mantan Kabid Peningkatan Restasi Olahraga ini.

Dalam acara tersebut, tampak hadir Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya, Kadispora  Penajam Paser Utara H Alimuddin, Kadispora Kota Samarinda Erham Yusuf, perwakiln Disporapar Kota Bontang, Disporapar Kota Balikpapan, Disporapar Paser serta Biro Kesra Setda Provinsi Kaltim.

Sejumlah materi yang akan diterima peserta dalam pelatihan kali ini diantaranya Hypno Champions, Peran Sport Science and Technology dalam menunjang Prestasi Puncak, National Analysis Perporm, serta Workshop Aplikasi MMODAL System meliputi peningkatan performa dan pencegahan cidera olahraga, pengembangan, peningkatan, penyempurnaan dan review, dengan pemateri Neneng Nurosi Nursjati dari Kemenpora RI,  Dr Dikdik Zafar Sidik, Rizky M sidik Luki Afari dari Universitas Pendidikan indonesia (UPI) Bandung.

Pada kesempatan tersebut, Sa’bani menyerahkan Bola Kaltim Berdaulat secara simbolis kepada perwakilan peserta. Dimana nantinya bola tersebut akan disebar ke seluruh kabupaten dan Kota se Kaltim sebagai gerakan mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. (rus/ant).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.