oleh

Pemkab Kukar Terapkan Penyaluran Bansos Non Tunai di Dua Kecamatan

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kukar terapkan penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) non tunai.

Dimana Kabupaten Kukar sendiri masuk ke dalam lokasi khusus (Lokus) dari tujuh kabupaten di seluruh Indonesia.

Kepala Kaltimnow.id, Kepala Dinsos Kukar Hamly mengatakan, ada dua kecamatan di Kukar yang diterapkan dalam program tersebut, yakni Kecamatan Loa Janan Desa Loa Duri Ilir I dan Kecamatan Loa Kulu, Desa Margahayu.

“Jadi penyalurannya melalui aplikasi di smartphone, dan tidak perlu melalui agen-agen. Cukup lewat HP atau diantarkan ke rumah,” katanya, Senin, (08/11/2021).

Sebelumnya, penyaluran bansos sampai saat ini dilakukan secara manual dan masih mendatangi para agen-agen. Contohnya Program Keluarga Harapan (PKH) bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dengan adanya aplikasi yang ada, diharapkan tidak hanya bansos di PKH dengan sambako saja, namun bisa ke subsidi elpiji maupun listrik. Dimana bantuan tersebut berasal dari pemerintah pusat.

Lebih lanjut, Hamly menjelaskan, adanya dua kecamatan tersebut ditunjuk berdasarkan Brilink dengan jaringan, dan layak untuk diuji coba.

“Kemarin sudah saya sampikan kalau jaringannya sudah bagus, sebaiknya semuanya memakai aplikasi itu, mudah sekali,” pungkasnya. (adv diskominfo/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.