oleh

Peringati Sumpah Pemuda, Kukar Ditunjuk Sebagai Pelaksana Kirab Pemuda Nusantara di IKN

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dalam rangka memeriahkan hari sumpah pemuda ke-94, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melepas Kirab Pemuda Nusantara dari Kedaton Kutai Kartanegara menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aji Ali Husni, saat dikonfirmasi kaltimnow.id, pada Kamis (27/10/2022) kemarin.

“Jadi ini adalah serangkaian kegiatan memperingati sumpah pemuda ke-94 tingkat nasional yang dimulai dengan pelepasan Kirab Pemuda Nusantara. Dimana kita (Kukar) bersama Balikpapan ditugaskan sebagai pelaksana kirab,” katanya.

Pria yang akrab dipanggil Ali ini menyebutkan, sebanyak 40 orang pelajar yang diberangkatkan menuju IKN Nusantara.

“Yang secara langsung terlibat ada 40 orang yang membawa bendera, semuanya adalah pelajar sekolah yang ada di Tenggarong,” sebutnya.

Kemudian, ditunjuknya Kukar sebagai pelaksana Kirab Pemuda Nusantara adalah untuk mengingat sejarah masa lalu dimana Kerajaan Kutai ini adalah Kerajaan tertua yang ada di Indonesia sekaligus juga momen ditetapkannya Kaltim sebagai IKN.

“Pada hakikatnya menurut kementerian kenapa Kukar ditunjuk sebagai tuan rumah karena dalam sejarah Kutai ini adalah kerajaan tertua yang ada di Indonesia, dan kebetulan IKN ditetapkan di wilayah Kalimantan Timur. Maka, kirab ini dilakukan senagai bentuk kesiapan pemuda dalam menyambut IKN,” ujarnya.

Pada pelepasan Kirab Pemuda Nusantara ini dihadiri langsung oleh Pemkab Kukar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, organisasi kepemudaan, termasuk juga Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian dan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Dr HM Asrorun Ni’am Sholeh. (adv diskominfo/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *