oleh

PLTS Muara Enggalam Sukses Menjadi Role Model Pengelolaan PLTS Komunal Nasional

Kutai Kartanegara – Desa Muara Enggelam, yang merupakan desa tanpa daratan dengan berada di sisi barat Danau Melintang, Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi role model pengelolaan PLTS Komunal. Hal ini tak lepas juga dari profesionalitas warganya.

Meski masih mengalami keterbatasan infastruktur, tetapi warga Muara Enggelam bersama BUMDes Bersinar Desaku berhasil mengelola listrik tenaga surya secara mandiri yang kini PLTS Desa Muara Enggelam menjadi percontohan nasional.

“Walaupun masih banyak keterbatasan di desa ini, tetapi desa ini sudah menjadi role model pengelolaan PLTS Komunal di Indonesia, hingga kami empat kali diundang Kementerian ESDM untuk jadi pembicara di acara yang berskala nasional,” ujar Direktur BUMDes Bersinar Desaku, Ramsyah, Kamis (10/12/2020).

Dengan bantuan Kementrian ESDM, PLTS Komunal sudah Berdiri sejak tahun 2015 di desa yang terletak di Kecamatan Muara Wis itu, dan kini masih eksis sampai sekarang. Karena kegigihan masarakat disana yang selalu membangun regulasi untuk mengelola sumber kelitrikan mereka.

“Pengelolaan yang baik dan professional menjadikan listrik tenaga matahari kini dapat menopang kebutuhan dasar masyarakat di sini. Kami akan terus belajar, untuk menyelesaikan sendiri jika ada masalah, baik di panel surya, baterai, hingga jaringan dan ini juga dibantu Pemerintah Desa Muara Enggalam, dengan langsung mengeluarkan Peraturan Desa yang mengatur pengelolaan ketenagalistrikan mereka,” jelasnya.

Dalam mengolah PLTS ini, Ramsyah mengaku tidak kesulitan dalam retribusi biaya oprasionalnya.

“Retribusinya biaya operasional pengelolaan PLTS terbilang cukup murah, dan kita masih sanggup untuk memenuhinya, itu semua sudah termasuk perawatan hingga gaji operator dan teknisi dan itu semua tertalangi dengan baik,” ungkapnya.

Ia pun menambahkan, inovasi tersebut diberi naman sebagai Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam (Klik Me) dan telah masuk dalam Top 45 Inovasi Pelayanan Publik. Langsung dari kementrian.

“Tak hanya sebagai role model PLTS komunal terbaik di Indonesia, tetapi Desa Muara Enggelam dalam Kelola Listrik Komual Muara enggelam atau biasa kami sebut KLIK Me pernah mendapatkan penghargaan top 45 inovasi pelayanan publik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokorasi, karena pengelolaan listrik itu juga dianggap sebagai inovasi pelayanan publik,” pungkasnya. (yue)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.