oleh

Pokdarwis Mahligai Ikut Lomba Kelompok Sadar Wisata Kaltim, Tawarkan Paket Wisata Ekonomi Kerakyatan

Berau, Kaltimnow.id – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Mahligai, Teluk Harapan, Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau turut serta dalam pelaksanaan lomba Kelompok Sadar Wisata Tingkat Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021.

Pokdarwis Mahligai, salah satu dari 22 Pokdarwis di Kabupaten Berau yang dipilih Disbudpar Kabupaten Berau untuk mewakili Kabupaten Berau.

Ketua Pokdarwis Mahligai mengatakan, Pokdarwis Teluk Harapan menawarkan dan menjual paket wisata ekonomi kerakyatan. Salah satunya adalah layanan homestay yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

“Paket wisata yang kami tawarkan untuk akomodasi kami hanya menyediakan homestay dan penginapan yang dikelola oleh masyarakat beserta anggota Pokdarwis. Akan tetapi kami juga menjalin kemitraan dengan resort lainnya yang terdapat di Kampung Teluk Harapan,” ungkapnya, pada Sabtu (04/09/2021) kemarin.

Sementara itu, Ketua Jurusan Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda I Wayan Lanang Nala dalam penilaian observasi lapangan mengatakan, pada dasarnya Pokdarwis Mahligai sudah bergerak untuk pemberdayaan masyarakat serta bekerjasama usaha pariwisata yang sudah eksis sebelumnya.

“Ada sedikit catatan pada manajemen organisasinya, sehingga semua kegiatan bisa tercatat dengan baik. Keberadaan Pokdarwis Mahligai cukup memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar (Community Based Tourism),” katanya.

Disamping itu, Praktisi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kaltim Taufik Nur menambahkan, Pokdarwis Mahligai diharapkan dapat bersinergi dengan semua pihak hingga menjadi Pokdarwis yang mandiri.

“Kedepannya agar Pokdarwis Mahligai terus bersinergi kepada semua pihak sehingga menjadikan Pokdarwis yang mandiri untuk Kaltim yang Berdaulat,” paparnya.

Untuk diketahui, tim penilai lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur 2021 terdiri dari DPD HPI Kaltim, DPD Asita Kaltim, DPD IHGMA Kaltim, Akademisi Pariwisata Polnes Samarinda dan Praktisi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kaltim.

Saat berkunjung ke kampung Teluk Harapan, tim penilai lomba Pokdarwis disambut oleh Kadisbudpar Berau Masrani beserta staff, Ketua Pokdarwis Mahligai beserta anggota dan Kepala Kampung Teluk Harapan dan jajarannya.

Kampung Teluk Harapan merupakan kampung pertama sebelum Maratua menjadi Kecamatan. Teluk Harapan ialah kampung terbesar dan terluas di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau.

Salah satu daya tarik wisata yang ada di pulau Maratua dengan pesisir pantainya yang indah dan memiliki penduduk terbanyak di Pulau Maratua Kepulauan Terluar Kalimantan Timur. (kmn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.