oleh

Program Kukar Cerdas Dilirik Oleh Pemda Luar Daerah Hingga ke Jawa dan Sumatera

Kukar, kaltimnow.id – Sejak pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), sampai saat ini masih meberlakukan kegiatan belajar mengajar secara daring.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kukar, memiliki program bernama Kukar Cerdas.

Kemudian, Program Kukar Cerdas yang memanfaatkan live streaming di youtube ini di lirik oleh beberapa pemerintah daerah di luar Kukar bahkan hingga ke Pulau Jawa.

Kepala Disidik Kukar, Ikhsanuddin Noor, mengatakan pihaknya sempat dihubungi langsung oleh pemda lain prihal program tersebut.

“Kemarin saya sempat dihubungi langsung dari Kabupaten Tegal, Kabupaten Siak, Kabupaten Dumai, dari Pualau Jawa sampai Sumatera juga ada. Dan saya langsung arahkan mereka untuk berkordinasi dengan kepala pengelola Kukar Cerdas,” katanya, Senin (30/11/2020).

Ia menjelaskan bahwa program itu di buat untuk pembekalan para guru dalam memberikan materi kepada siswa-siswinya.

“Awalnya program itu kami rancang untuk membantu para guru dalam proses menyampaikan materi. Di dalam progam itu juga ada beberapa pelajaran tentang metodologi, materi, dan lain-lain. Dan baru, mereka tinggal melihat dan nantinya mereka bisa mengkombinasi dan mencocokan dengan teknik-teknik cara mereka mengajar” jelasnya.

Prgram Kukar Cerdas sendiri juga bekerjasama debgan PT Tanoto Foundation, yang dapat membimbibg guru-guru.

“Program ini juga adalah hasil binaan kita dengan PT Tanoto Foundation. Karena dari hasil kerjasama ini banyak dari guru-guru kita yang disebut Fasada (Fasilitasi Daerah) yang dapat membantu dan membimbing guru-guru lain. Dan mereka itu orangnya  kualitatif semua, karena sebab itu lah ide program ini muncul” pungkasnya. (adv/yue/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *