oleh

Sebanyak 30 Peserta Ikuti Bimtek Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang Digelar Diskominfo Kukar

Tenggarong – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kelompok Informasi Masyarakat (Kim) pada tahun anggaran 2020.

Acara bimtek tersebut diikuti sebanyak 30 peserta, yang dimulai pada pukul 08.00-18.00 WITA, dibalai pertemuan kantor Camat Tenggarong, Jalan Udang, Kelurahan Timbau.

Untuk pemateri diisi oleh oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo H Bahteram, Camat Tenggarong, Arpan Boma Pratama, dan Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Komunikasi Publik (PKP), Ahmad Rianto.

Ahmad Rianto mengatakan kepada Kaltimnow.id, ada empat kategori komponen yang dibina oleh Kominfo.

“Pertama kelompok informasi masyarakat. Kedua kelompok media tradisional. Ketiga komunitas pembuat konten positif dan kreatif dan keempat yang terakhir kelompok komunitas strategis,” katanya, Kamis (08/10/2020) pagi.

Selanjutnya, dari keempat komponen itu akan mendorong para komunitas untuk memiliki peran dalam pengembangan wilayahnya.

Di tempat yang sama Arfan Boma Pratama selaku Camat Tenggarong, memberikan apresiasi terhadap acara yang diselenggarakan oleh Kominfo.

“Saya berharap anak muda di Kutai Kartanegara siap dalam menghadapi industri 4.0 dan IKN serta mampu memberikan informasi dan komunikasi yang bernilai positif bagi masyarakat” ujarnya.

Kemudian, ia mengungkapkan KIM menjadi pondasi utama bagi masyarakat dalam memberikan informasi dan komunikasi yang baik.

“Acara ini menjadikan KIM pondasi utama masyarakat dalam memberikan informasi dan komunikasi yang baik serta positif. Dengan begitu tidak meninggalkan nilai yang ingin di harapkan oleh pemerintah,” tambahnya.

Program diskominfo ini di harapkan mampu menumbuhkan perkembangan informasi dan komunikasi yang dimulai dari Kecamatan oleh masyarakat. KIM diharapkan Smart menghadapi industri 4.0 melalui Citizen Journalism (konten video) dan cara cerdas hadapi hoax (tools google) dalam menyongsong IKN.

Acara bimtek tersebut dilaksanakan sebanyak tujuh kali selama satu tahun di berbagai kecamatan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk acara KIM yang akan datang, diskominfo akan bergerak ke kecamatan terdekat terlebih dahulu seperti Sanga-sanga dan Anggana, dengan mengangat tema yang sama serta menyesuaikan karakter dan potensi wilahyah nya masing masing.

Tetapi dalam hal ini, Diskominfo Kabupaten Kutai Kartanegara menyesuaikan kesiapan kecamatan masing-masing. Hal tersebut dikarenakan kasus COVID-19 yang masih meningkat. (tor)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.