oleh

Sektor Pertanian di Kukar Full Mekanisasi Modern

Kukar, kaltimnow.id – Peningkatan sektor pertanian di Kabupaten Kutai Kartanegara  (Kukar) saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melakui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Kartanegara (Kukar), Sutikno mengatakan pihaknya telah membagi metode mekanisasi pertanian modern kedalam tiga zona.

“Kalau bicara peningkatan pertanian, sekarang ini pertanian di Kukar sangat signifikan perkembanganya, dan kita mempunyai tiga zona untuk full mekanisasi pertanian modern,” ujarnya (11/12/2020) pagi.

Sutikno pun menjelaskan yang dimaksud dengan tiga zona tersebut adalah tiga kawasan potensial yang berada di tiga kecamatan di Kukar.

“Zona pantai di Kecamatan Marang Kayu, zona tengah Kecamatan Loa Kulu, dan zona hulu di Kecamatan Sebulu dan Muara Kaman.” Jelasnya.

Dari tiga zona tersebut pihaknya akan mengenalkan dan memberikan ilmu secara bertahap, agar potensi yang dikembangkan berjalan dengan maksimal.

“Secara bertahap melakukan pengenalan ilmu teknik dan penggunaan alat bantu dalam melakukan proses aktivitas pertanian, mulai dari mengolah tanah, menanam bibit, memupuk, hingga memanen. Kalau yang zona tengah di Sidomukti itu sudah full mekanisasi” tambahnya.

Ia pun menambahkan, nantinya akan dibentuk Kelompok Usaha Bersama (KUB) supaya masyaraakat dapat memenuhi kebutuhan peralatan maupun penunjang dalam pertanian.

“Jadi nanti mereka memiliki semacam KUB dan itu ada nilai-nilai yang harus didapatkan, berapa biayanya dan itu dikembangkan disitu, jadi kita cuma memberi stimulan saja. Kemudian masyarakat sendiri yang langsung membeli alat-alat,” pungkasnya. (adv/yue/ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.