oleh

Sony Perkenalkan Desain PS5 Lewat Live Streaming

Kaltimnow.id – Sony akhirnya memperkenalkan PlayStation 5 (PS5) ke publik, melalui event live streaming, pada Jumat (12/06/2020). Setelah hampir satu jam pengumuman game PS5, Sony mengungkapkan desain perangkat keras.

Konsol PS5 di desain dengan warna putih dan hitam untuk mencocokkan controller baru yang akan disertakan dalam kotak.

Dilansir dari situs The Verge, PS5 berdiri secara vertikal, seperti Xbox Series X yang terutama dirancang untuk ditempatkan, dan akan mencakup dua versi, yaitu satu dengan drive 4K Blu-ray dan Digital Edition murni. Varian PS5 tanpa drive optik yang terlihat jauh lebih tipis daripada model biasanya, berkat penghapusan drive.

Penghapusan drive berarti Digital Edition dari PS5 juga lebih murah, tetapi Sony belum menyebutkan harganya berapa. Sony hanya mengungkapkan desain selama siaran langsungnya, tetapi perusahaan belum memberikan tanggal rilis atau harga yang pasti untuk PS5 tersebut.

Hal tersebut juga sama seperti Xbox Series X, PS5 dapat ditempatkan secara vertikal atau horizontal di bawah TV atau monitor. Sony telah membangun dudukan yang berfungsi untuk kedua orientasi, dan perusahaan menggunakan apa yang tampak seperti dudukan yang sedikit berbeda untuk Edisi Digital PS5.

Bagian atas unit PS5 tampaknya juga memasukkan ventilasi untuk pembuangan udara panas, dengan port USB-A dan USB-C di bagian depan.

Kemudian, Sony juga telah menciptakan sejumlah aksesori untuk PS5, termasuk stasiun pengisian DualSense, kamera HD baru, headset nirkabel Pulse 3D, dan remote media.

Namun, lagi-lagi Sony belum mengumumkan harga untuk salah satu aksesorisnya, atau apakah mereka semua akan diluncurkan bersama konsol PS5 baru.

Untuk desain perangkat keras PS5, Sony mengungkapkan beberapa bulan setelah Microsoft memperlihatkan tampilan mirip PC dari konsol generasi berikutnya, Xbox Series X, sepanjang jalan kembali pada bulan Desember 2019.

Sony, seperti Microsoft, secara perlahan menyediakan lebih banyak informasi tentang PS5 generasi berikutnya dalam beberapa bulan terakhir. Konsol akan tiba di musim liburan dan ditenagai oleh CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2 custom.

Sony mengumumkan spesifikasi PS5 pada bulan Maret, dan chip AMD khusus akan memberikan daya 10,28 teraflops menggunakan frekuensi variabel pada CPU dan GPU.

Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan game. SSD akan menyediakan penyimpanan 825GB dan kinerja 5,5GB/s.

Sony mengharuskan semua game dipasang ke SSD internal untuk menggunakan kecepatan baca. Epic Games baru-baru ini memberikan demonstrasi teknologi Unreal 5 yang menakjubkan yang berjalan di PS5, memamerkan pemuatan aset 8K sinematik dan efek pencahayaan dinamis. PS5 juga akan mendukung grafis 8K, grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz, dan audio 3D.

Sony juga mengumumkan pengontrol DualSense PS5 pada 7 April. Kontroler ini memiliki pemicu adaptif, umpan balik haptic, dan tombol buat baru yang dirancang untuk berbagi konten gameplay.

Seperti pengontrol DualShock perusahaan, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol sementara dua stik analognya ada di bagian bawah. DualSense juga akan memiliki touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang yang berada di setiap sisi touchpad.

PS5 juga akan mendukung “mayoritas luar biasa” dari lebih dari 4.000 judul PlayStation 4 yang ada saat ini.

“Kami mengharapkan judul yang kompatibel mundur akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5 sehingga mereka dapat memperoleh manfaat dari frame rate yang lebih tinggi atau lebih stabil dan resolusi yang berpotensi lebih tinggi,” kata Sony pada bulan Maret.

Dan Ubisoft sudah mengatakan bahwa Assassin’s Creed Valhalla menuju ke PlayStation 5 musim liburan ini. (mer)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *