oleh

Sosbang di Samarinda Ulu, Ananda Pesan Tetap Jaga Persatuan Bangsa

Samarinda, Kaltimnow.id – Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) terus gencar digelar oleh seluruh anggota DPRD provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), dengan tujuan pemersatu bangsa Indonesia, serta masyarakat dapat menanamkan pemikiran dan nilai-nilai dalam diri sikap bela negara, terkhusus bagi anak muda bangsa.

Untuk itu, Sosbang kali ini dilakukan oleh anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim Ananda Emira Moeis, yang berlangsung di Jalan Wiratama, RT 03, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, pada Rabu (30/11/2022).

Dimana, Sosbang kali ini, membahas terkait empat konsesus Wawasan Kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia (RI), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika, sebagai pilar-pilar utama kebangsaan.

Nanda sapaan akrabnya, sangat mengapresiasi atas antusiasme warga yang sangat hangat dalam menerima sosialisasi wawasan kebangsaan kali ini.

“Antusiasme warga ini, saya melihatnya sambutan terhadap acara Sosbang ini sangat hangat. Dan disini memang Bhinneka Tunggal Ika banyak suku, budaya, dan agama, semuanya rukun, dan guyub,” ucapnya bersyukur.

Dirinya berpesan, dengan adanya perbedaan, masyarakat dapat menjaga persatuan bangsa Indonesia.

“Pesan saya, apapun perbedaannya, tetap dapat menjaga persatuan, jaga kerekatan NKRI. Sebab kita bangsa Indonesia itu gotong royong, Pancasila, selalu membantu saudaranya yang susah, maupun senang, dengan saling bahu-membahu untuk membantu sesama,” ujar Nanda.

Menurutnya, wawasan kebangsaan ini, menjelaskan tentang sejarah bangsa, agar seluruh masyarakat dapat mengetahui perjuangan-perjuangan pahlawan, dalam menjaga Negara Republik Indonesia.

“Hari ini wawasan kebangsaan inikan banyak tentang sejarah bangsa. Agar bapak-bapak dan ibu-ibu yang hadir hari ini, bisa meresapi perjuangan-perjuangan pahlawan kita. Agar kita bisa lebih bersemangat, dan berkobar-kobar untuk menjaga Indonesia kita ini,” tandasnya.

Dalam kegiatan Sosbang ini, Nanda juga menghadirkan, Supratono selaku wakil sekretaris DPD PDI Pejuangan Kaltim, dan Ahmad Sofyan selaku sekretaris DPC PDI Pejuangan Samarinda, untuk menjelaskan secara jelas terkait wawasan kebangsaan yang di sosialisasikan.

Sofyan menyampaikan, Sosbang yang digelar ini, sangat dibutuhkan masyarakat, terutama dilingkungan jalan Wiratama. Sebab menurutnya, penting untuk selalu mengingatkan warga bagaimana pentingnya kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Artinya sudah tepat kemudian mba Nanda sebagai legislator dari fraksi PDI Pejuangan itu mensosialisasikan, walaupun ditengah kondisi zaman yang semakin maju, kemudian teknologi yang semakin maju, informasi yang semakin luas, yang dihadapi masyarakat saat ini, saya pikir dengan fondasi yang kuat itu tadi, dengan aktivitas yang positif yang dimiliki oleh pemuda-pemuda kita, masyarakat kita secara luas, persatuan dan pemersatu bangsa pasti tetap bisa kita pertahankan,” jelasnya.

Terkait pengaplikasiannya dilapangan, dirinya menyebutkan, bahwa melalui Karang Taruna yang berada di kawasan Wiratama ini, ingin memiliki usaha sendiri, untuk membantu seluruh warga tentunya.

“Nah untuk aplikasinya dilapangan seperti yang kita lihat dalam diskusi tadi, bagaimana kemudian teman-teman disini lewat karang taruna itu ingin memiliki usaha mandiri, yang mana itu bisa di akomodir oleh pemerintah. Banyak caralah yang bisa kita lakukan, supaya kemudian keinginan anak-anak muda kita,” ucap Sofyan.

Menurutnya, bahwa keinginan anak muda ini harus didukung, dan difasilitasi, sebab anak muda bangsa adalah tonggak negara.

“Karena katanya kan anak muda ini adalah tonggak bangsa, memang harus berawal dari sana saya pikir. Semakin banyak kegiatan positif yang mereka lakukan, semakin baik untuk bangsa ini, maka disitulah implementasi tentang wawasan kebangsaan ini secara konkret dilakukan di sel-sel paling kecil di masyarakat, khususnya dilingkungan RT dan kampung seperti ini,” pungkasnya.

Penulis: Cintia Rahmadani

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *