oleh

Tiga Danau di Kaltim Memiliki Potensi Besar Menjadi Pertumbuhan Ekonomi Baru

Samarinda, Kaltimnow.id – Kalimantan Timur memiliki potensi sumberdaya alam melimpah dan Sungai Mahakam dengan panjang sekitar 980 kilometer. Dibalik itu pun terdapat lagi tiga danau yang berpotensi sangat besar, baik dari segi perikanan ataupun pariwisatanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni mengakui hal tersebut. Ia mengatakan bahwa ada tiga danau yaitu Danau Semayang, Danau Melintang dan Danau Jempang meliputi dua kabupaten (Kutai Barat dan Kutai Kartanegara) memiliki sumber ekonomi yang mumpuni masyarakat sekitar.

Maka dari itu, Sri Wahyuni menuturkan, Dispar Kaltim mulai dari sekarang sudah membuat rencana untuk memberikan pemberdayaan terdahap masyarakat maupun wisatawan yang berkunjung.

“Karena danaunya harus dilestarikan, mulai dari edukasi masyarakat, tata cara menangkap ikan. Masih banyak hal lain harus diperhatikan lagi,” ujarnya saat dikonfirmasi, pada Kamis (07/10/2021).

Lanjutnya, tiga danau itu butuh sekali perhatian lebih. Karena banyak ikan yang hidup disana. Bahkan pesut Mahakam pun masih berada di sekitar danau. Bahkan Sri Wahyuni mengakui jika tidak ada danau tersebut, bagaimana luapan air bisa ditampung.

“Makanya danau di Kaltim harus mulai dari sekarang dirawat. Karena kekuatannya sebagai sumber kehidupan itu diharapkan bisa menjadi pendorong bagi pertumbuhan ekonomi baru di Kaltim,” ucapnya.

Yang lebih dikhawatirkan lagi, kata Sri Wahyuni, danau tersebut banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya. Oleh sebab itu, di tahun 2021 ini Dispar Kaltim sudah melaksanakan festival tiga danau. Gunanya untuk memperkenalkan potensi terbaik yang dimiliki.

“Ternyata dari festival itu barulah banyak sekali wisatawan dan masyarakat yang sadar bahwa danau ini sangat besar sekali. Itulah tujuan diperkenalkan. Karana anak muda kita banyak yang belum tau hal itu,” tandasnya. (mal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.