oleh

Tingkatkan Produksi dan Penjualan, Bumdes, UMKM dan Koperasi Harus Sinergi

Kutai Kartanegara – Untuk meningkatkan kualitas produksi dan penjualan bagi Usaha mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM) ditengah Pandemi COVID-19, pelaku usaha, badan usaha milik desa (BUMDES), dan koperasi dapat bersinergi.

“Kita seharusnya bersinergi, bukanya kompetitif atau bersaing, mulai dari pelaku usahanya, BUMDESnya, bahkan koperasinya, untuk meningkatkan produktifitas serta kulitas dalam penjualanya. Ini juga terkait dengan pemasaranya, agar semua tidak kebingungan. Contohnya sudah pernah di angkat Dinas Komunikasi dan Informasi seperti objek wisata di pantai Pemedas, Samboja,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kukar Tajudin, Sabtu (28/11/2020) siang.

Dia menyarankan agar pelaku usaha dapat membangun jaringan antar sesama pelau usaha.

“Kalau bisa pelaku usaha ini membuat kelompok-kelompok atau jaringan sesuai bidang kehalian mereka, agar semua bisa memenuhi kapasitas target penjualannya,” lanjutnya.

Kemudian, Tajudin mengharapkan dengan adanya sinergitas ini, masyarakat bisa lebih meningkatkan kualitas hidupnya.

“Ini kan juga menyangkut hajat hidup orang banyak ya, diharapkan karena sinergitas ini dapat memberikan lapangan pekerjaan pada masyarakat itu sendiri,” pungkasnya. (yue)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.