oleh

Tingkatkan Daya Saing UMKM Kaltim, BI Gelar KKI dan Akademi Ekspor

Samarinda, Kaltimnow.id – Bank Indonesia (BI) terus bersinergi untuk mendukung Pemerintah mensukseskan 100 Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) Go Ekspor. Hal tersebut diwujudkan melalui penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri 1 dan Akademi Ekspor Kalimantan Timur (Kaltim) 2021 yang digelar pada 16-18 Maret 2021 di hotel Mercure Samarinda, pada Selasa (16/03/2021) pagi.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari ini, diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari UMKM di Kaltim.

Kepala BI Perwakilan Kaltim Tutuk S. H Cahyayono mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerjasama Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia.

Ia menjelasakan, untuk melatih sejumlah UMKM yang berpotensi ke pasar ekspor, diadakan dua kelas pada hari pertama dengan 60 orang peserta.

“Setelah kita lihat mana yang memang betul-betul bagus UMKM nya, kita langsung dampingi programnya setahun penuh 8 tahap supaya nanti ujungnya adalah name plate mereka bisa ekspor perdana,” ungkapnya.

Lanjutnya, banyak sekali potensi dari UMKM dengan meningkatkan keyakinan, percaya diri, dan meningkatkan daya saing UMKM.

“Untuk mengunggah produk-produk UMKM ke dalam platform digital e-katalog, harus memiliki daya saingnya sendiri. Jadi kuncinya adalah meningkatkan daya saing produk-produk UMKM supaya bisa diterima dipasar ekspor” jelasnya.

Dia pun mengharapkan, dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat membantu mensejahtrakan para pelaku UMKM di Kaltim.

“Saya berharap ini bisa mensejahterakan UMKM, dengan cara meningkatkan daya saingnya,” pungkasnya.

Penulis: Chintia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.