oleh

Tingkatkan Pengetahuan Generasi Muda Terhadap Sejarah, Museum Mulawarman Gelar Lomba Mewarnai

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Museum Negeri Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur menggelar lomba mewarnai tingkat sekolah dasar se-Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dengan bertemakan Pertempuran Pangeran Ario Senopati Awang Long.

Sebanyak 32 peserta dari sembilan sekolah mengikuti lomba tersebut, dimana mereka harus berkreasi dalam mewarnai gambar yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

Acara yang berlangsung pada 14 Oktober 2021 itu, dimenangkan oleh Naomi Aura Yasmin Rahman dari sekolah dasar Islam Terpadu Nurul Imli, Tenggarong.

“Alhamdulillah senang dan campur terharu. Sebenarnya udah kecewa karena takut kalah,” katanya, pada Kamis (14/10/2021).

Naomi, panggilan sapaannya mengungkapkan, sebelum bertanding dirinya melakukan sejumlah latihan mewarnai berbagai macam gambar baik dilakukan sendiri maupun bersama dengan teman-temannya.

“Sudah ada. Latihan bersama teman dan latihan mewarnai juga,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Budi Prayitno selaku Penanggungjawab acara mengungkapkan, adanya kegiatan lomba mewarnai yang bertemakan Pertempuran Pangeran Ario Senopati Awang Long. Agar generasi muda dapat mengetahui sejarah Awang Long dalam melawan penjajah.

“Tentunya kegiatan ini bertujuan agar anak-anak kita tidak melupakan sejarah para pahlawan kita, khususnya para pahlawan-pahlawan yang ada di Kutai Kartanegara,” ujarnya.

Selain itu, Budi Prayitno menjelaskan adanya penyelenggaraan lomba mewarnai ini sekaligus memperingati hari pahlawan dan hari jadi Kota Tenggarong ke-238 tahun.

“Temanya kita ambil Pertempuran Pangeran Ario Senopati Awang Long, dimana Awang Long sendiri berasal dari bangsawan Kutai yang melawan pasukkan kolonial,” pungkasnya. (adv)

Adapun daftar pemenang tingkat sekolah dasar se Kota Tanggarong, yakni:

Juara 1 : Naomi Aura Yasmin Rahman, SD Islam Terpadu Nurul Ilmi Tenggarong
Juara 2 : Wahidah Safa Zuhur, SD Negeri 20 Tenggarong
Juara 3 : Emilia Nabila Putri, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Harapan 1 : Althaf Rakha Prastya, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Harapan 2 : Zhahira Chintya Nuri, SD Negeri 28 Tenggarong
Harapan 3 : Washifah Sadina Hisanah, SD Muhammadiyah 1 Tenggarong

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed