oleh

Tingkatkan SDM Ekraf, Dispar Kaltim Gelar Pelatihan Seni Kriya dan Wastra

Kutai Kartanegara, Kaltimnow.id – Dinas Pariwisata Kalimantan Timur menggelar pelatihan Seni Kriya dan Wastra, di Grand Elty Hotel Tenggarong, pada (26/06/2022). Pelatihan ini diikuti 30 peserta yang berasal dari kelompok usaha masyarakat dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kutai Kartanegara (Kukar).

Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara Totok Heru Subroto yang membuka pelatihan tersebut mengatakan, pada tahun 2020 telah disusun roadmap peta jalan ekonomi kreatif Kukar sebagai upaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pelaku ekraf di subsektor Kriya dan Wastra.

“Ini sejalan program dedikasi Bupati dan Wabup Kukar yaitu Kukar Kreatif Idaman. Dan berperan dalam pencapaian misi ketiga RPJMD yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucapnya, saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damanyah.

Totok berharap, dengan pelatihan ini para peserta mampu berinovasi dengan membuat karya dengan nilai ekonomi yang lebih baik dari sebelumnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Irvan Rivai mengatakan, dipilihnya kabupaten Kukar sebagai tempat pelaksanaan pelatihan, karena Kukar sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan komitmen pemerintah Kaltim untuk meningkatkan SDM ekonomi kreatif berdaya saing dan unggul.

“Setelah pelatihan ini, kami mendorong para peserta tetap mengasah kemampuannta dan terus berinovasi dengan menciptakan produk karya baru, untuk menjadi penggerak bangkitnya pariwisata dan ekraf sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Irvan.

Pelatihan ini mengusung tema Seni Kriya dan Wastra dalam Kearifan Lokal, dengan menghadirkan narasumber dari para akademisi (Polnes), Komite ekraf Kukar, serta pengrajin Kukar. (adv/dry)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *